Upaya Tekan Inflasi, Proyek Puskesmas Nuhon dan Pilkades Jadi Sorotan DPRD Banggai

BANGGAI RAYA-DPRD Banggai menyarankan kepada pemerintah agar dalam pelaksanaan anggaran biaya tambahan pada Perubahan APBD Tahun 2022 memperhatikan sejumlah hal yang mendesak.

Saran tersebut disampaikan Pansus DPRD yang membahas rancangan APBD Perubahan Tahun 2022, Jumat (30/9/2022).

Pada poin pertama saran para wakil rakyat, pemerintah daerah diarahkan agar dalam pelaksanaan anggaran tambahan pada APBD Perubahan, menindaklanjuti persoalan di masyarakat, terutama terkait upaya penurunan inflasi. Poin kedua, para wakil rakyat meminta agar pemda melalui instansi terkait melaksanakan lanjutan pekerjaan pembangunan Puskesmas Nuhon sesuai kesepakatan tim anggaran Pemda dan Badan Anggaran DPRD.

BACA JUGA:  Naas! Lakalantas di Masama Banggai, Dua Pemotor Alami Patah Tulang

Pada poin ketiga, DPRD Banggai menyarankan, dalam tambahan anggaran pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang berkaitan dengan belanja perencanaan dan kegiatannya diawali tahun 2023 agar dilaksanakan sebaik-baiknya, sebab Dinas Pendidikan mendapatkan anggaran yang cukup signifikan dari pemerintah pusat untuk dana alokasi khusus sebesar Rp46 miliar.

BACA JUGA:  Ketua TP PKK Banggai Hadiri Rakor PKK Provinsi Sulteng

Sementara pada poin keempat terkait dengan DPMD, khususnya untuk pelaksanaan Pilkades. DPRD menyebutkan sudah ada anggaran operasional untuk TNI dan Polri dalam rangka menyukseskan Pilkades.

BACA JUGA:  Awal Masuk Sekolah, SMPN 3 Luwuk Gelar Halal Bihalal

Saran-saran yang dibacakan juru bicara Pansus H Akmal Ilyas ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari laporan pansus terkait pembahasan RAPBD Perubahan, dan akhirnya disetujui lembaga perwakilan rakyat daerah itu bersama Pemda Banggai. DAR

Pos terkait