Upaya Pencegahan dan Penanggulangan HIV-AIDS (P2HIV-AIDS), Pertamina EP Donggi Matindok Field Gelar Sosialisasi di Kalangan Pelajar

BANGGAI RAYA– Dalam rangka menyukseskan upaya Pencegahan dan Penanggulangan HIV-AIDS di kalangan pelajar, Pertamina EP Donggi Matindok Field yang tergabung dalam Pertamina Subholding Upstream Regional Indonesia Timur Zona 13 melakukan sosialisasi dan penyuluhan bagi pelajar di Kecamatan Batui dan Kecamatan Toili, Sabtu (1/10/2022).

HIV-AIDS masih merupakan musuh besar kesehatan baik di dunia, Indonesia maupun di Kabupaten Banggai. Target terpenting yang harus dicapai dalam pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS adalah mewujudkan three zeroes pada tahun 2030, yaitu tidak ada lagi infeksi baru HIV, tidak ada lagi kematian akibat AIDS, dan tidak ada lagi stigma dan diskriminasi terhadap orang dengan HIV AIDS.

Pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS akan berjalan optimal apabila mendapat dukungan dari semua elemen baik dari pemerintah, masyarakat, dan juga dunia usaha. Dukungan dan peran serta sangat diperlukan termasuk penyebarluasan informasi melalui sosialisasi dan penyuluhan.

BACA JUGA:  Wisatawan Asal Jakarta Tujuan Danau Ubur-Ubur Bokan Kepulauan Karam di Perairan Matanga

Pada kesempatan ini, Pertamina EP Donggi Matindok Field melalui dr. Ellya Afiani Kristanti dan dr. Agus Salim menyampaikan beberapa poin penting, diantaranya memperkenalkan apa itu HIV dan AIDS, sifat virus HIV, bagaimana cara penularan dan juga pencegahannya.

Kegiatan ini melibatkan UPTD Puskesmas Batui dan Toili II, pengurus dan anggota PMR SMA Negeri 1 Batui dan Toili, serta 300 pelajar dan dewan guru SMA Negeri 1 Batui dan Toili. Kegiatan ini sekaligus membentuk Palang Merah Remaja (PMR) sekolah agar dibekali pula pengetahuan dalam membantu sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan HIV–AIDS (P2HIV-AIDS). Rangkaian kegiatan penyuluhan dan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, kepedulian, dan peran aktif masyarakat dalam hal ini pelajar tentang pencegahan dan penanggulangan HIV AIDS. Selain penyuluhan, acara ini menjadi pemantik ruang diskusi bagi pelajar serta dewan guru.

BACA JUGA:  Rayakan Iduladha 1445 Hijriah, DSLNG Berbagi Kurban 17 Ekor Sapi

Turut hadir dalam kegiatan ini HSSE Superintendent Ramona Ginting, Safety Officer Mulyono Hadi, Tim Dokter Donggi Matindok Field, UPTD Puskesmas Batui dan Toili III, Kepala SMA Negeri 1 Batui Siti Hikmah, S.Pd, M.Pd, Kepala SMA Negeri 1 Toili Makmur, S.Pd, M.Pd, serta dewan guru dan pelajar di SMA Negeri 1 Batui dan SMA Negeri 1 Toili.

HSSE Superintendent Ramona Ginting menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi dan penyuluhan ini merupakan komitmen, komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi kita bersama dalam pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS, agar semakin kuat dan nyata. “Kegiatan ini perlu dukungan dan peran serta masyarakat khususnya pakar pendidik dan pelajar untuk menyukseskan upaya bersama tersebut,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Naik Turunnya Keuangan Syariah: Refleksi Ketidaksempurnaan

Di tempat terpisah, Pjs Donggi Matindok Field Riza Akbar menyampaikan, kolaborasi lintas sektor menjadi kunci penting berhasilnya program ini. Tidak hanya dilingkungan internal perusahaan, Pertamina EP Donggi Matindok Field turut menggandeng pelajar sebagai aktor penggerak dalam upaya pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS dimulai dari lingkungan sekolah.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan momento dan penyematan PIN kepada dewan guru dan pelajar, sebagai komitmen bersama dalam upaya pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS. **

Pos terkait