Upacara Hari Guru Nasional di Banggai Berlangsung Khidmat

  • Whatsapp
UPACARA Hari Guru Nasional di Kabupaten Banggai, Kamis (25/11/2021) berlangsung lancar dan penuh khidmat. FOTO: JAJAD SUDRAJAD

BANGGAI RAYA- Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Banggai menggelar Upacara Peringatan Hari Guru Nasional dan NUT ke-76 PGRI, Kamis (25/11/2021) di Lapangan Bumi Mutiara Luwuk.

Upacara yang berlangsung khidmat itu dipimpin oleh Staf Ahli, dr. Gunawan mewakili Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin Tamoreka selaku Pembina Upacara.

Bacaan Lainnya

Turut dihadiri Ketua DPRD Banggai, Suprapto, Kejari Banggai, Masnur, Wakapolres Banggai, Komandan Pos TNI AL Luwuk, para pimpinan OPD, Ketua PKK Banggai, Ir. Hj. Syamsuarni Amirudin,SE, MM., Ketua PGRI Banggai, Jamil Hasyim bersama anggota, kepala sekolah, tenaga pendidikan serta peserta upacara lainnya.

Bupati Banggai, Amirudin Tamoreka dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Staf Ahli, dr. Gunawan mengatakan, tepat seratus hari setelah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia tepatnya 25 November 1945, PGRI hadir sebagai wadah perjuangan guru, pendidik dan tenaga kependidikan.

“Memperjuangkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indnesia, berperang melawan kebodohan dan keterbelakangan, serta berkhidmat untuk memajukan pendidikan nasional,” ujarnya.

Kemudian, setelah 76 tahun Indonesia merdeka, jati diri PGRI sebagai organisasi profesi, organisasi perjuangan dan organisasi ketenagakerjaan yang bersifat independen, unitaristik, dan non partisan senantiasa terus dijaga.

“Dan melekat dalam dada pengurus, pejuang, aktivis dan para guru, pedidik, serta tenaga kependiiakn sebagai rumah bersar perjuanan para guru. PGRI terus bergerak, mengabdi, dan memperbarui diri agar senantiasa adaptif dan responsive terhadap perubahan zaman yang terus berkembang,” katanya.

Perlu diketahui, dalam Upacara Hari Guru Nasional ini, petugas upacara kecuali Paskibraka, semuanya dari kalangan guru. Mulai dari MC, komandan upacara, pembaca UUD 1945 hingga pembacaan doa yang bertugas adalah guru.

Usai upacara, dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan kepada para guru yang telah memasuki purna tugas. Penyerahan piagam itu dilakukan oleh Staf Ahli, dr. Gunawan bersama unsure Forkopimda, serta Ketua PKK Banggai, Ir. Hj. Syamsuarni Amirudin,SE, MM.

Setelah penyerahan piagam, dilanjutkan dengan penandatangan dukungan PGRI terhadap visi misi Bupati Banggai dan Wakil Bupati Banggai. Di mana PGRI Banggai siap menyuskseskan program Pemda Banggai yakni Banggai Cerdas dan Banggai Mengaji. (*)

Penulis: Jajad Sudrajad

Pos terkait