Universitas Padjadjaran – Pemda Banggai Tandatangani Kerja Sama Pendidikan 

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti dan Bupati Banggai Amirudin menandatangani Nota Kesepakatan Bersama yang digelar di ruang Executive Lounge Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Rabu (21/2/2024). (Foto: Dadan Triawan)

BANGGAI RAYA-Universitas Padjadjaran menjalin kolaborasi dengan Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, melalui penandatangan Nota Kesepakatan Bersama oleh Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti dengan Bupati Banggai Amirudin di ruang Executive Lounge Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung,  Rabu (21/2/2024).

 “Kerja sama yang akan dijalin adalah kaitannya dengan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat,” kata Rektor, sebagaimana dikutip dari kanal media Unpad https://www.unpad.ac.id, Kamis (22/2/2024).

Rektor berharap, ada realisasi yang bisa dilakukan untuk terwujudnya kebermanfaatan bagi kedua belah pihak. Kerja sama yang terjalin juga diharapkan dapat menghasilkan manfaat bagi kemajuan bangsa. Diungkapkan Rektor, Unpad terus meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabidan kepada masyarakat. Unpad juga terus mengembangkan diri melalui kolaborasi bersama mitra. Untuk itu, kerja sama dengan Kabupaten Banggai juga dapat terus berkembang.  

BACA JUGA:  Lima Mahasiswa Unismuh Luwuk Ikuti ONMIPA-PT Tingkat LLDIKTI XVI, Ini Daftar Namanya!

“Unpad berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas dan reputasi dari pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Melalu banyak mitra kami yakin ada benefit bersama baik bagi Unpad maupun mitra kami, termasuk Kabupaten Banggai yang kedua belah pihak pasti akan diuntungkan atas kerja sama ini,” kata Rektor. 

BACA JUGA:  Ketua TP PKK Banggai Hadiri Rakor PKK Provinsi Sulteng

Pada kesempatan tersebut, Bupati Banggai Amirudin mengatakan bahwa ada sejumlah kegiatan yang ingin dilakukan bersama Unpad. Di bidang pendidikan, Amirudin berharap kerja sama dengan Unpad dapat meningkatkan akses dan kualitas pendidikan bagi lulusan tingkat SMA dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Banggai. 

BACA JUGA:  Awal Masuk Sekolah, SMPN 3 Luwuk Gelar Halal Bihalal

Terkait penelitian, ia menginginkan ada tim dari Unpad yang meneliti dan memberi masukan kepada Pemerintah Kabupaten  Banggai mengenai potensi yang perlu digali untuk meningkatkan pendapatan daerah. Pengabdian kepada masyarakat Unpad juga diharapkan dapat dilakukan di Kabupaten Banggai. Hal ini mengingat potensi wisata yang cukup menjanjikan dan dapat  terus ditingkatkan. “Mudah-mudahan setelah hari ini kita tanda tangani kerja sama ini ada hasil yang kita capai,” harapnya.**