Unismuh Luwuk Kembangkan Agrowisata

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luwuk akan mengembangkan agrowisata dengan memanfaatkan lahan seluas 1,5 hektare. Lahan yang ditanami buah-buahan dan sayuran, serta akan dibuat kolam untuk budidaya ikan air tawar itu terletak di Desa Lauwon, Kecamatan Luwuk Timur.

Dalam rencana program pengembangan agrowisata ini, kampus hijau yang dipimpin Rektor Sutrisno K Djawa itu melibatkan semua fakultas yang ada di kampus tersebut. Mulai dari Fakultas Pertanian, Fakultas Perikanan, Fakultas Teknik, Fakultas ISIP, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, FKIP hingga Fakultas Agama Islam.

“Jadi terintegrasi, semua fakultas kami libatkan. Dalam pengembangan agrowisata ini, nantinya juga akan bekerjasama dengan pemerintah desa setempat dan juga pemerintah kecamatan. Sekarang masih dalam proses penataan,” ujar Rektor Unismuh Luwuk, Sutrisno K Djawa kepada Banggai Raya, Rabu (9/9/2020) di ruang kerjanya.

Menurutnya, pengembangan agrowisata ini dipandang sangat perlu. Selain untuk memotivasi masyarakat juga untuk mengintegrasikan dengan kurikulum merdeka belajar. Dan tentunya, dengan adanya pengembangan agrowisata ini, mahasiswa bisa praktik di lahan tersebut.

“Bisa dijadikan tempat untuk mahasiswa praktik. Jadi konsep penataannya, nanti akan dibuat kolam untuk budidaya ikan. Apalagi di situ juga ada kuala, jadi sangat strategis untuk pengembangan agrowisata,” katanya.

Dalam kesempatan itu, ia juga menyinggung soal kurikulum pembelajaran yang saat ini perlu bertransformasi mengikuti kurikulum merdeka belajar yang dicanangkan Mendikbud. Dengan harapan, perguruan tinggi dapat melahirkan para alumni yang benar-benar mampu diserap dunia kerja.

“Untuk Unismuh Luwuk sendiri, sejauh ini Alhamdulillah alumni kami mampu bersaing dan mampu terserap dunia kerja,” tandasnya. JAD

Pos terkait