Umat Nasrani di Banggai Gelar Perayaan Natal Oikumene, Bupati: Semoga Membawa Berkah

  • Whatsapp
SUASANA PERAYAAN Natal Oikumene. FOTO: RUM LENGKAS

BANGGAI RAYA- Umat Nasrani di Kabupaten Banggai yang tergabung dalam Gereja-Gereja, TNI, Polri, Korpri, BUMN/BUMD, Dharma Wanita Persatuan dan TP-PKK Kabupaten Banggai menggelar Perayaan Natal Oikumene 2021, Selasa malam (28/12/2021) di Graha Pemda Banggai.

Perayaan Natal Bersama Tahun 2021 ini dihadiri oleh Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin Tamoreka bersama istri, Wakil Bupati, Furqanuddin Masulili bersama istri, Kejari Luwuk, Masnur, Wakil Ketua 1 DPRD Banggai, Batia Sisilia Hajar, Wakil Ketua 2 DPRD, Samsul Bahri Mang, Sekda Banggai, Abdullah Ali, mewakili Kapolres Banggai, mewakili Dandim 1308 Luwuk Banggai, Forkopimda lainnya, Pimpinan OPD Banggai, dan Jemaat Natal Oikumene 2021.

Bacaan Lainnya

Kegiatan diawali dengan pemberkatan dan pemberian api oleh Bupati Banggai, Amirudin Tamoreka kepada delapan perwakilan peserta Perayaan Natal Oikumene 2021. Jemaat juga menyanyikan lagu Ultah bagi istri Bupati Banggai, yang hari ini lagi berulang tahun Ke-49 tahun.

Dilanjutkan dengan pembacaan doa safaat oleh Pdt. Dr. Vera Tandiawan dan sambutan Ketua Umum Bamag Kabupaten Banggai, Pdt. Niel K. Parinsi, M. Th sekaligus laporan tentang keberadaan gereja-gereja di Kabupaten Banggai berkaitan tentang Musyawarah Gereja.

Ketua Panitia Natal Oikumene 2021, Kompol Salmon Engelety, S. Kom, dalam laporannya menyampaikan dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah Surat Keputusan Bupati Banggai tentang Panitia Pelaksanaan Natal Bersama Oikumene Gereja-gereja se Kabupaten Banggai.

Tema Perayaan Natal Oikumene 2021 Cinta Kasih Kristus Yang Menggerakkan Persaudaraan. Kegiatan ini dilaksnakan oleh seluruh gereja yang ada di Kabupaten Banggai, baik Katholik, Pantekosta dan Protestan.

Jumlah jemaat Perayaan Natal Bersama 2021 diperkirakan berjumlah 600 orang. Sumber dana adalah merupakan bantuan dari Donatur, kontribusi dari Pantia, Pemda serta BUMN/BUMD.

“Kami atas nama panitia mengucapkan terima kasih kepada Pemda Banggai, dalam hal pak bupati atas segala dukungan pada panitia sehingga kegiatan pada hari ini berjalan dengan aman dan lancar.Terima kasih pula kami sampaikan kepada pimpinan gereja dan hamba-hamba Tuhan, ikut serta dalam menyukseskan kegiatan ini, ” kata Kompol Salmon.

Sementara itu, Bupati Banggai, Amirudin Tamoreka dalam sambutannya mengatakan, seperti diketahui bersama bahwa 25 Desember 2021 umat Kristiani diperhadapkan dengan Perayaan Natal 2021 yang dirayakan secara serentak di seluruh dunia.

Perayaan Natal kali ini, Ia pandang punya hikmah spritual, tentunya bagi kehidupan baik di masa lampau, masa kini dan masa yang akan datang.

Jika tercapai semua itu, membutuhkan kecerdasan spritual untuk memahami bagi umat Kristiani, baik secara vertikal maupun horisontal. Semoga pada perayaan Natal kali ini membawa berkah bagi umat Kristiani khususnya dan daerah Kabupaten Banggai pada umumnya.

“Kami atas nama Pemda Banggai, pada kesempatan ini mengucapkan Selamat Merayakan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 kepada saudara-saudaraku umat Kristiani. Hari Sabtu yang lalu, tanggal 25 Desember 2021 saya bersama Forkompimda mengunjugi gereja-gereja di Kabupaten Banggai. Tetap kita menjaga persatuan dan kesatuan, persatuan dan kesatuan itu akan membawa kedamaian di Kabupaten Banggai,” kata Bupati Amirudin. (*)

Penulis: Muh Rum Lengkas
Editor: Jajad Sudrajad

Pos terkait