UAS Kenaikan Kelas SD-SMP di Banggai Digelar 9 Juni Mendatang

Murid-murid kelas 6 SDN Unjulan sedang mengikuti ujian akhir sekolah (UAS). FOTO ISTIMEWA

BANGGAI RAYA- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Banggai akan menggelar ujian akhir sekolah (UAS) semester genap kenaikan kelas tahun ajaran 2022-2023 untuk peserta didik jenjang SD dan SMP Negeri maupun Swasta, mulai tanggal 9 -15 Juni 2023.

Sesuai surat edaran Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banggai, Syafrudin Hinelo, S.STP, M. Si, nomor 1153/800/Disdikbud, tanggal 24 Mei 2023, tentang pelaksanaan UAS semester genap tahun ajaran 2022/2023.

Bacaan Lainnya

SE tersebut ditujukan kepada Kepala SD dan SMP Negeri dan Swasta di wilayah Kabupaten Banggai.

Kepala Seksi Kurikulum, Bidang Pembinaan SMP, Disdikbud Kabupaten Banggai, Rudi Budaya menjelaskan, pelaksanaan UAS semester genap jenjang SD dan SMP tahun ajaran 2022/2023, untuk jenjang SD dilaksanakan tanggal 9 hingga 14 Juni 2023, dan SMP pada tanggal 9 sampai 15 Juni 2023.

Menurut mantan Kepala SMA Kristen Luwuk ini, soal-soal ujian yang disiapkan dan didistribusikan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banggai.

“Jenjang SMP terdiri dari 7 mata pelajaran, yakni IPA, IPS, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, PJOK, Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris,” kata Rudi Budaya kepada Banggai Raya, Sabtu (27/5/2023).

Jenjang SD sambung dia, K-13, terdiri dari kelas rendah tema 5 sampai dengan 8, kelas atas tema 6 sampai dengan 9, dan Matematika.

Sedangkan kata Rudi, jenjang SD kurikulum merdeka, mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Pendidikan Pancasila dan IPAS.

“Untuk mata pelajaran lain, dibuat dan disiapkan di sekolah masing-masing,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ia menambahkan, pengawasan silang diperuntukkan bagi juga SMP sebanyak satu orang setiap satuan pendidikan dan bertugas sebagai pengawas umum.

Data pengawas umum kata Rudi, dikirimkan ke bidang SMP, untuk dibuatkan SK pengawas umum oleh Disdikbud Kabupaten Banggai.

“Lembaran jawaban siswa yang telah diperiksa oleh masing-masing guru bidang studi/guru kelas di satuan pendidikan dikirimkan kembali ke Disdikbud Kabupaten Banggai,” kata dia mengingatkan.

Menurut Kasi Kurikulum SMP, biaya cetak soal dibebankan kepada satuan pendidikan masing-masing sesuai dengan ARKAS.

Berita acara ujian dan daftar hadir peserta disiapkan oleh satuan pendidikan.

“Penyerahan rapor dilaksanakan pada tanggal 24 Juni 2023,” pungkasnya. RUM