Tujuh Ranperda Bakal Dibahas Oleh Pansus, Dua Ranperda Inisiatif DPRD Banggai

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA– Tujuh rancangan peraturan daerah (Ranperda) bakal dibahas DPRD Kabupaten Banggai pada tahun 2021 ini. Dari tujuh ranperda itu, dua diantaranya merupakan ranperda inisitif DPRD Banggai.

Tujuh ranperda itu yakni ranperda tentang penyelenggaraan kabupaten layak anak dan ranperda tentang penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum, yang merupakan ranperda inisiatif DPRD Banggai. Sedangkan lima ranperda lainnya yakni ranperda tentang perubahan perda nomor 3 tahun 2020 tentang retribusi daerah, ranperda tentang pokok-pokok pengelolaan keuangan daerah, ranperda tentang pencegahan dan penanggulangan stunting, ranperda tentang gerakan moral kebersihan serta ranperda tentang perubahan Perda No. 4 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Kabupaten Banggai, merupakan inisiatif Pemkab Banggai.

Bacaan Lainnya

“Dari tujuh ranperda itu ada dua ranperda yang merupakan inisiatif DPRD Kabupaten Banggai yakni ranperda tentang kabupaten layak anak dan ranperda tentang penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum. Sedangkan lima lainnya merupakan inisiatif Pemerintah Kabupaten Banggai, ” kata Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BAPEMPERDA) DPRD Kabupaten Banggai, Mursidin, Rabu (6/10/2021).

Dia mengatakan, rencananya ke tujuh ranperda tersebut akan dibahas dalam rapat panitia khusus (Pansus) DPRD Kabupaten Banggai.

“Yang pasti, sesuai jadwal rapat Pansus direncanakan pada Kamis, 7 Oktober 2021 ke tujuh ranpareda tersebut akan dibas oleh legislatif,” paparnya.

Rapat pansus pembahasan tujuh ranperda tersebut telah diagendakan. Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Banggai melalui suratnya nomor 180/1973/Bak.Huk, tertanggal 29 September perihal pengantar Ranperda yang ditandatangani Sekretaris Kabupaten Banggai, Ir. Abdullah memberikan pengantar pembahasan lima raperda.

Informasi yang dihimpun media ini di DPRD, ada dua agenda pelaksanaan rapat yang akan digelar DPRD Banggai pada Kamis (7/10/2021) Rapat Pansus Banggai tentang Pembahasan tujuh Ranperda dan Rapat Dengar Pendapat Komisi I. (*)

Penulis: Rahman Asnawi

Pos terkait