Transparan Kelola Anggaran Daerah, Bukti Herwin Yatim Amanah Dalam Mengabdi

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA– Bupati Herwin Yatim dinilai sebagai pemimpin yang amanah dalam mengemban tugas sebagai orang nomor satu di Kabupaten Banggai. Hal ini Terbukti lewat anggaran daerah yang dikelola secara transparan dan akuntabilitas.

Sebagaimana hal itu diungkapkan Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Banggai, Ramli Tongko. Ia menuturukan, Herwin menggunakan konsep SAKIP dalam mengelola anggaran pemerintahan di Banggai. Dengan harapan kinerja keuangan pemerintah daerah dapat dipastikan memberikan manfaat terhadap masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Artinya ada transparansi, akuntabilitas dalam merencanakan anggaran. Dan ini kita mulai sejak tahun 2016, kita terus berupaya meninjau dan memperbaiki anggaran terus menerus, dan tidak lepas dari peran pendampingan Kementerian PANRB,” tutur Ramli.

Tak heran, dengan sistem yang diterapkan Herwin tersebut, Kabupaten Banggai berhasil menerima Sistem Akuntabilitas Keuangan Instansi Pemerintah Daerah (SAKIP) dengan Predikat A.

Komitmen Kabupaten Banggai selain transaparan dalam pengaturan keuangan pemeritah daerah, Kabupaten Banggai juga transparan dalam penggunaan anggaran Dana Desa. seperti halnya diungkapkan oleh Amin Jumail, Kepala DPMD Kabupaten Banggai.

“Setiap tahun kami tingkatkan pada 291 pemdes, untuk mempublikasikan pagu anggaran program dan seluruh program desa, media informasi dan dalam bentuk baliho ukuran 3 kali 4 yang dipasang di tempat strategis di tiap dusun,” ucap Amin Jumail, dalam kesempatan yang terpisah.

Di sisi lain, Bupati Herwin menyampaikan bahwa apa yang menjadi perencanaan untuk pembangunan Kabupaten Banggai, pengaturannya harus jelas dan menguntungkan masyarakat.

“Prinsip, kami satu sen pun uang negara harus jelas dan transparan dalam penggunaannya. Alhamdulilah, kini Kabupaten Banggai mampu menunjukan prestasi,” ujar Bupati Herwin Yatim.

Selain itu, Bupati Herwin Yatim juga menambahkan bahwa hasil efisiensi ini sekarang telah menjadi tunjangan penghasilan bagi pegawai, dan mereka sekarang merasakan manfaat dari penganggaran yang baik sesuai kaidah SAKIP. JAD/*