Tourgab Kemerdekaan Gelorakan Pariwisata

  • Whatsapp
DARI SILATURAHMI, BANTU KORBAN BENCANA HINGGA PEMBINAAN MAJELIS TA’LIM

BANGGAI RAYA- Jumat pagi (28/8/2020) itu cuaca cerah dan matahari baru saja keluar dari peraduannya. Namun ratusan kendaraan roda dua aneka jenis, sudah berkumpul di sepanjang jalan Ahmad Yani dari depan Gelora Luwuk hingga kawasan Tugu Adipura. Yah, Jumat itu, ratusan pengendara roda dua dari sejumlah komunitas sepeda motor maupun masyarakat umum dan unsur pemerintahan, tengah bersiap menggelar Tour Gabungan (Tourgab) Kemerdekaan yang dipimpin langsung Bupati Banggai Herwin Yatim bersama unsur Forkopimda, dengan titik akhir Pulo Dua, Kecamatan Balantak Utara.

Tepat pukul 07.52 Wita, Tourgab itu dilepas secara resmi oleh Wakil Bupati Banggai Mustar Labolo, setelah sebelumnya seluruh peserta mendapatkan arahan tentang berkendara yang aman dan tertib lalu lintas, dari Kasat Lantas Polres Banggai.

Setelah start dari Lapangan Gelora Luwuk, rombongan yang dikawal patmor Satlantas Polres Banggai langsung menyusuri jalur jalan dari pusat kota menuju Luwuk Utara dan Luwuk Timur.

Di Luwuk Timur, bupati bersama rombongan singgah dan bersilaturahmi di Desa Kayutanyo. Warga di desa itu telah menyuguhkan aneka hidangan tradisional. Selanjutnya, dari Kayutanyo rombongan kembali melanjutkan perjalanan dan singgah lagi di Desa Serese Kecamatan Masama. Di desa itu, Bupati Herwin Yatim dan Forkompinda seperti Dandim Letkol Info Fanny Pantouw, Kasi Intel Kejari Banggai serta Asisten II Alfian Djibran juga berkesempatan menyerahkan bantuan untuk korban banjir di Minang Andala dan Serese. Bantuan itu diterima Sekcam Masama dan sejumlah perwakilan dari desa yang terdampak banjir belum lama ini.

Tak hanya itu, bupati dan sejumlah pejabat juga sempat memberikan bantuan pada anak yang sakit melalui kelompok remaja yang melakukan penggalangan dana.

Dari Masama, rombongan menuju Lamala dan kembali bersilaturahmi di Desa Labotan. Selanjutnya dari Lamala, rombongan kembali melanjutkan perjalanan melintasi pegunungan Boloak, dengan tujuan wilayah Balantak Selatan. Di wilayah tersebut, bupati kembali menyerahkan bantuan untuk korban banjir beberapa waktu lalu.

Bupati dan rombongan kemudian menuju Balantak dan beristirahat Sholat Jumat di masjid setempat. Usai Sholat Jumat, bupati kembali menyerahkan bantuan untuk kepentingan pembangunan masjid, dan kemudian melanjutkan perjalanan menuju Desa PUlo Dua.

Di lokasi wisata itu, kegiatan diisi dengan penyerahan bantuan pangan non tunai, penanaman pohon dan pembagian kantong plastik untuk aksi Pia Na Sampah Ala (Pinasa) di sepanjang pesisir pantai.

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan pembinaan majelis ta’lim se Kecamatan Balantak Utara, Balantak dan Balantak Selatan.

Disejumlah kesempatan dalam rangkaian Tourgab Kemerdekaan itu, Bupati Banggai Herwin Yatim mengatakan bahwa kegiatan itu juga dimaksudkan untuk menggelorakan kembali sektor parwisata yang sempat terhenti selama beberapa bulan terakhir di masa pendemi Covid-19. Karenanya kata adia, perlu ada aksi bersama untuk kembali membangkitkan semangat warga di pedesaan, untuk melakukan berbagai aktivitas penting, termasuk menghidupkan lagi sektor pariwisata, seperti di Pulo Dua. Kecamatan Balantak Utara.

Ia mengatakan, touring bagi para komunitas dan pencinta sepeda motor, adalah bagian dari refreshing, dan ini artinya akan menambah imunitas tubuh, sebab ada kegembiraan dalam kegiatan tersebut. Bupati Herwin juga mengatakan bahwa Tourgab ini diisi dengan sejumlah aksi sosial dan penanaman pohon, sehingga bukan merupan kegiatan hura-hura. Sepeda motor yang digunakan semuanya standar atau motor biasa. Bahkan ada komunitas motor tua dari Luwuk dan Toili yang juga ikut berpartisipasi dalam Tourgab itu. Selain itu, selama rangkaian kegiatan, seluruh peserta juga telah diimbau mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan mematuhi aturan lalu lintas. Tourgab itu berjalan lancar dan aman hingga selurun rombongan kembali ke Luwuk. DAR

Pos terkait