Tour de Banggai Berganti Banggai Run Challenge 2024

BANGGAI RAYA – Tour de Banggai yang merupakan ajang bagi pecinta balap sepeda di Kabupaten Banggai tidak akan digelar tahun ini. Sebagai gantinya, Pemerintah Kabupaten Banggai akan menghelat Banggai Run Challenge 2024.

Hal ini memastikan bahwa kegiatan yang menggabungkan olahraga dan pariwisata atau sport tourism tetap tumbuh di Kabupaten Banggai.

“Kegiatan ini merupakan pengganti dari Tour de Banggai. Jadi, kita mengikuti tren yang ada. Sekarang ini trennya lari,” ujar Bupati Banggai Amirudin saat memimpin rapat persiapan pelaksanaan Banggai Run Challenge 2024, Kamis (18/1/2024), di Kantor Bupati Banggai, Luwuk Selatan.

BACA JUGA:  Dukung Penanganan Stunting, Pertamina EP DMF Berikan Bahan Pokok Penting untuk Balita Risiko Stunting

Bupati Amirudin berharap ajang ini dapat menumbuhkan perekonomian, khususnya bagi pelaku UMKM dan ekonomi kreatif.

“Ini kegiatan bagus, murah dan menyehatkan, dan diharapkan dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat setempat,” ujar Bupati Amirudin.

Banggai Run Challenge 2024 akan digelar tiga kali di tiga lokasi berbeda. Run de Toili menjadi pembuka Banggai Run Challenge 2024 season pertama.

BACA JUGA:  Tambah 2 Tahun, 250 Kades dan 1.400 Anggota BPD di Banggai Segera Dikukuhkan, Ini Jadwalnya!

Run de Toili season 1 akan dilaksanakan di Kecamatan Toili, hari Minggu, tanggal 3 Maret 2024. Titik start dan finish di Lapangan Tirta Sari dan akan melewati Desa Tirta Kencana, Desa Jaya Kencana, dan Desa Sentral Sari.

Selanjutnya, season 2 akan dihelat di Kecamatan Bunta pada bulan Mei. Banggai Run Challenge season 3 dilaksanakan di Kecamatan Luwuk pada Agustus mendatang.

BACA JUGA:  Tambah 2 Tahun, 250 Kades dan 1.400 Anggota BPD di Banggai Segera Dikukuhkan, Ini Jadwalnya!

Adapun kelas yang diperlombakan yakni kelas fun 5 Km (men and women open) dan kelas run 10 Km (men and women open). Ada pula kelas master B lokal dan master A berdasarkan kategori usia.

Para peserta Banggai Run Challenge akan memperebutkan total hadiah sebesar Rp 70 juta. Panitia memperkirakan, ajang ini akan diikuti sekitar 1.000 sampai 1.500 orang.**

Pos terkait