Tingkatkan Sistem Pengelolaan Keuangan Daerah, BPKAD Banggai Gelar Sosialisasi Pengoperasian FMIS- Simda NG Berbasis Web

  • Whatsapp
SOSIALISASI Sistem Informasi Manajemen Daerah (FMIS/SIMDA-NG) oleh Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKAD) dalam rangka penyusunan APBD tahun anggaran 2022. FOTO: ZAINUDDIN

BANGGAI RAYA- Dalam rangka mendukung terwujudnya good governance dan clean government dalam penyelenggaraan otonomi daerah, perlu diselenggarakan pengelolaan keuangan daerah secara professional.Olehnya, Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) memperkenalkan aplikasi Simda-NG berbasis web atau lebih dikenal dengan Financial Management Information Syistem (FMIS).

Kamis kemarin (16/12/2021), bertempat di Hotel santika Luwuk, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Banggai, menggelar sosialisasi Sistem Informasi Manajemen Daerah (FMIS/SIMDA-NG). Kegiatan tersebut menghadirkan pemateri dari BPKP Perwakilan Sulawesi Tengah bapak Abu Achmad dan Mufli Rumekso

Bacaan Lainnya

Kegiatan dibuka secara langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai, Abdullah Ali. Peserta kegiatan berjumlah 112 orang, terdiri dari Kasubag Perencanaan Daerah se Kabupaten Banggai.

Sekretaris BPKAD Kabupaten Banggai, Herlita Tongko dalam laporan menyampaikan tujuan dari kegiatan adalah untuk mensosialisasikan pengoperasian sistem informasi manajemen daerah (FMIS/SIMDA-NG) kepada perangkat daerah dalam rangka penyusunan data APBD tahun anggaran 2022 serta untuk mendukung penatausahaan keuangan daerah.

Selanjutnya meningkatkan pengetahuan dan kemampuan perangkat daerah dalam rangka peningkatan akuntabilitas keuangan dan kinerja pemerintah daerah serta mempersiapkan sumber daya manusia daerah untuk mencapai tingkat penguasaan dan pendayagunaan teknologi informasi yang lebih baik.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai, Abdulah Ali mengatakan, sistem perencanaan pembangunan setiap waktu, setiap saat, dan setiap tahun terus mengalami dinamika. Yang tadinya di tahun 2021 pengoperasian Simda secara offline , maka mulai tahun 2022 pengoperasian Simda secara online.

“Tadinya penginputan dilakukan di BPKAD, maka mulai tahun 2021 Insya Allah bapak ibu akan mengembangkan Financial Management Information Syistem secara online. Sehingga penginputan bisa dilakukan di masing-masing lokasi. Bisa diinput di rumah, kantor dan sebagainya,” kata Sekda Abdullah Ali.

Ia menjelaskan, perkembangan teknologi dan regulasi mempengaruhi kebutuhan stakeholder antara lain terbitnya Perpres 95 Tahun 2021 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik, kebutuhan data pembangunan, keuangan dan kinerja tingkat nasional untuk keperluan pengambilan keputusan dan kebijakan pengawasan nasional, dan kebutuhan data nasional yang memerlukan pentingnya integrasi atau konektifitas antar aplikasi dan antar unit organisasi. Maka aplikasi Simda yang saat ini digunakan perlu ditingkatkan baik dari sisi teknologi maupun regulasi. Sehingganya dilaksanakan sosialisasi aplikasi sitem informasi manajemen daerah dalam rangka penyusunan data APBD tahun 2022.

“Sehingga dimohon kerjasama dan kesungguhan semua pihak, terutama para pejabat perencana yang ada di setiap OPD untuk professional, taat asas dan taat aturan,” tuturnya.

Turut hadir dalam kegiatan, Kepala Bidang Anggaran, BPKAD Banggai, Esriyati Mahiwa, serta pejabat lain di lingkup BPKAD Kabupaten Banggai. (*)

Penulis: Zainuddin Lasita