Tingkatkan SDM, Pemda Banggai Gelar Pelatihan dan Uji Kompetensi PBJ Level 1

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Banggai melaksanakan pelatihan dan uji kompetensi pengadaan barang dan jasa (PBJ) level 1 di Hotel Swiss-Belinn, Kelurahan Maahas, Kecamatan Luwuk Selatan, yang dimulai sejak tanggal 28-30 November 2022.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Sekretariat Daerah (Setda) Banggai dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dan Lembaga Kajian dan Pelatihan Manajemen (LKPM).

Bacaan Lainnya

Berdasarkan penjelasan Kepala BPBJ Setda Banggai, I Dewa Supatriagama, yang juga merupakan ketua panitia, maksud dan tujuan penyelenggaraan pelatihan dan ujian kompetensi PBJ Level 1 adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, serta keterampilan pengelola PBJ Pemerintah dalam melaksanakan tugas dan jabatan secara profesional dan menambah jumlah ASN yang memiliki kompetensi di bidang PBJ Pemerintah.

“Guna menjalankan PBJ secara efektif, efisien dan kredibel, kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola pengadaan yang mumpuni sangat diperlukan,” jelas Kepala BPBJ.

Pengembangan dan pembinaan SDM di Bidang PBJ, menjadi tantangan besar untuk menghasilkan pejabat dan pengelola pengadaan yang profesional dan kompeten.

“SDM di Bidang PBJ harus memiliki pengetahuan luas, keterampilan yang diandalkan, dan integritas tinggi,” kata I Dewa Supatriagama ketika melaporkan pelaksanaan kegiatan kepada Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM.

Saat ini menurutnya, masih ditemukan proses PBJ yang belum didukung oleh SDM yang profesional serta sejalan dengan tuntutan tata kelola kepemerintahan yang baik (Good Governance).

“Profesional, integritas serta kompetensi para pejabat dan pengelola pengadaan sebagaimana dimaksud diatas belum berkembang merata,” imbuhnya.

Dari data tahun 2022, ia menemukan fakta bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Banggai yang mempunyai sertifikat PBJ hanya berjumlah 122 orang. Sementara yang aktif di PBJ hanya 52 orang, terdiri dari 27 PPK dan 25 Pejabat Pengadaan.

“Dengan melihat kondisi riil di atas, maka penyelenggaraan Pelatihan dan Ujian Kompetensi PBJ Level 1 menjadi sangat dibutuhkan,” tandas I Dewa.

Ia berharap, usai menyelesaikan pelatihan, para peserta memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang PBJ Pemerintah.

“Semoga semua bisa lulus ujian kompetensi, sehingga dapat mengaplikasikan sebaik mungkin di instansi masing masing,” harapnya.

Kegiatan yang dihadiri oleh 40 orang dari 16 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) itu, dibuka secara resmi oleh Bupati Banggai, dan diberi arahan secara langsung oleh narasumber dari LKPM, Dr. H. Agus Sugeng Setiawan, AK., M.M., C.A. (*)

Pos terkait