Tingkatkan SDM Aparatur Desa, Pemdes Uso Gandeng AMIK Luwuk Banggai

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) aparatur desa, karang taruna dan masyarakat di desa, Pemerintah Desa Uso, Kecamatan Batui menggandeng AMIK Luwuk Banggai untuk kerjasama.

Jumat 24 Juni 2022, Sekdes Uso, Verryson L. Bonean dan pelaksana anggaran Kasi Pemerintah Dirwan M. Saudidi, Kasi Pelayanan Satriani, dan Operator Sistem Informasi Desa (SID), Ridha Risma Yunita mendatangi kampus berbasis IT di Kota Luwuk itu.

Bacaan Lainnya

Kedatangan Sekdes bersama jajarannya itu, untuk menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) antara kedua belah pihak.

Perjanjian kerjasama yang diteken itu dalam ruang lingkup pelatihan komputer (Paket terpadu windows) dan kursus mengemudi (Paket Ekstension) yang telah dianggarkan dalam APBD Desa Uso tahun 2022.

Diketahui, jauh sebelumnya, Pemdes Uso juga telah menjalin komunikasi dengan Direktur AMIK Luwuk Banggai, Heriyanto Sahidu. Pertemuan itu dilakukan pada bulan Februari 2022 lalu.

Usai penandatanganan PKS, kedua belah pihak sepakat untuk merealisasikan dua program pelatihan yang telah dianggarkan tersebut.

Dilansir dari website Desa Uso, pelatihan komputer itu nantinya akan dipusatkan di balai desa setempat. Dan AMIK bersedia mendatangkan satu instruktur dan asisten yang akan memberikan pelatihan komputer.

Untuk pelatihan komputer ini, akan berlangsung selama 16 kali pertemuan dan dua kali ujian kompetensi. Dalam 16 kali pertemuan ini, dibutuhkan waktu dua bulan pelaksanaan, setiap Minggu dua kali pertemuan.

Peserta pelatihan komputer ini, sebahyak 29 orang yang terdiri dari tiga Kasi, tiga KAUR, 1 KPM, satu staf BPD, satu pengurus PKK, satu pengurus LPMDes, dan satu kader posyandu. Selebihnya dari anggota Karang Taruna Desa Uso.

Sementara, untuk kursus mengemudi hanya akan diikuti enam peserta. Mereka semuanya adalah Karang Taruna Desa Uso, dan ini merupakan usulan para pengurus Karang Taruna.

Khusus kursus mengemudi, akan berlangsung selama empat hari dengan menggunakan mobil khusus yang telah disiapkan AMIK Luwuk Banggai.

Setiap orang atau peserta akan menjalani training selama 3 jam didampingi instruktur secara langsung. Terdapat dua instruktur dan dua mobil disiapkan oleh AMIK Luwuk Banggai. Satu Instruktur akan bertanggung jawab melatih tiga peserta.

Kegiatan ini akan dimulai pada Selasa (28/06/2022) yang berlokasi di Halimun dan turun ke seputaran kota Luwuk.

Selain itu, setelah dianggap telah mampu mengemudikan mobil keseluruhan peserta akan langsung mengurus SIM yang difasilitasi AMIK Luwuk Banggai.

Melalui dua pelatihan tersebut, diharapkan dapat mendorong kualitas SDM Perangkat Desa maupun LKDes di lingkup Pemerintah Desa Uso dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab yang membutuhkan kecapakan dalam mengoperasikan komputer.

Tak hanya itu, setiap peserta kegiatan akan mendapatan sertifikat dari pihak AMIK Luwuk Banggai setelah melewati kompetensi dan training yang ada. Sehingga, diharapkan sertifikat tersebut dapat dimanfaatkan di kemudian hari.

Sementara itu, Direktur AMIK Luwuk Banggai, Heryanto Sahidu mengaku sangat bersyukur karena telah diberikan kepercayaan Pemdes Uso sebagai mitra dalam membangun SDM.

“Insya Allah dengan keterlibatan kita AMIK Luwuk Banggai, SDM aparat desa di bidang IT bisa lebih baik,” harapnya. (*)

Editor: Jajad Sudrajad

Pos terkait