Tingkatkan Mutu Layanan JKN, Recredentialing Sebagai Langkah Pastikan FKTP Penuhi Komitmen

Riskha selaku Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Luwuk saat melakukan proses rekredensial  di Puskesmas Sinorang, (12/10/2022). FOTO: DOK. BPJS KESEHATAN

BANGGAI RAYA- Demi meningkatkan kepuasaan peserta, BPJS Kesehatan sebagai Badan Penyelenggara Program JKN bersama mitra Fasilitas Kesehatan (Faskes) terus berkomitmen untuk meningkatkan mutu layanan pada setiap Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Untuk mewujudkan hal itu, FKTP harus berupaya memenuhi segala standar baik berupa sarana maupun syarat administrasi yang telah disepakati dalam perjanjian kerja sama.

Hal ini disampaikan Riskha selaku Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Luwuk saat melakukan proses rekredensial  di Puskesmas Sinorang, (12/10/2022).

BACA JUGA:  Dor! Polisi Hadiahi Timah Panas Residivis Pencuri di Luwuk

Riskha mengatakan, kegiatan recredentialing ini bertujuan untuk memastikan setiap Puskesmas telah memenuhi kelengkapan sarana dan prasarana sebagai standar pelayanan optimal di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. Seperti sarana dan prasana pelayanan, obat obatan, ketersediaan dokter serta pelayanan lainnya yang memadai.

“Intinya kelengkapan sarana dan tenaga SDM telah terpenuhi sesuai dengan self assessment yang telah dilakukan,” ungkap Riskha.

Lebih lanjut, Riskha mengharapkan seluruh Puskesmas khususnya berada di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Luwuk harus memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu layanan.

BACA JUGA:  Harga Gas Elpiji Tembus Rp60 ribu, Akademisi : Pemda Harus Tegas Pada Pangkalan

Segala sesuatu yang masih belum terpenuhi, harus segera dilengkapi di masing-masing Faskes yang ada, terutama ketersedian jaringan komunikasi dan data.

Pada ksempatan yang sama, Kepala Puskesmas Sinorang, Serly Soeleman mengungkapkan pihaknya akan terus berupaya meningkatkan mutu pelayanan melalui optimalisasi sarana dan prasarana serta pemenuhan obat-obatan dan alat kesehatan.

“Kami berkomitmen untuk terus menjaga dan meningkatkan mutu pelayanan kami kepada peserta Program JKN, sehingga kemudahan pelayanan dapat dirasakan oleh seluruh pasien yang berkunjung ke Puskesmas Sinorang,” kata Serly.        

BACA JUGA:  Ketua TP PKK Banggai Hadiri Rakor PKK Provinsi Sulteng

Serly menambahkan, proses recredentialing yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan saat ini dapat membantu pihaknya untuk lebih meniingkatkan hal-hal apa saja yang masih kurang, sehingga pihaknya dapat melengkapi kekurangan kekurangan tersebut.

Serly juga berharap, kedepannya makin terjalin komunikasi dan kerja sama yang baik antara Puskesmas dan BPJS Kesehatan Cabang Luwuk, demi terciptanya pelayanan yang diharapkan oleh semua pihak terutama bagi peserta Program JKN. (*)

Pos terkait