Tingkatkan Keterampilan Praktis Mahasiswa, STAK Luwuk Lakukan Pembekalan PPL

BANGGAI RAYA- Puluhan Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Kristen (STAK) Luwuk, Kabupaten Banggai menggelar kegiatan pembekalan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL), di Kampus tersebut, Sabtu (1/6/2024).

Giat pembekalan ini sebagai bagian dari upaya mahasiswa untuk meningkatkan keterampilan praktis dalam bidang Teologi maupun Pendidikan.

PPL mahasiswa STAK Luwuk ini akan dilaksanakan di beberapa Sinode dan sekolah.

PPL ini bertujuan dalam upaya mendukung kurikulum yang berorientasi pada Teologi dan Pendidikan. Mahasiswa semester II dan IV serta VI tersebut terlibat dalam berbagai kegiatan di lapangan yang relevan dengan bidang studi Teologi dan Pendidikan.

BACA JUGA:  Wisatawan Asal Jakarta Tujuan Danau Ubur-Ubur Bokan Kepulauan Karam di Perairan Matanga

Mulai dari memimpin ibadah kegiatan gereja, masyarakat dan mengajar di sekolah serta praktek sekolah minggu bagi mahasiswa semester II.

Demikian disampaikan Ketua STAK Luwuk – Banggai, Yanwar Prawono, S.Th., M.Pd saat membuka pembekalan tersebut.

Ia mengatakan, mahasiswa akan diberikan kesempatan untuk menerapkan pengetahuan teoritis yang diperoleh selama kuliah.

“Kegiatan PPL ini disatu sisi adalah tuntutan Akademik, tetapi disisi lain, bagian ini merupakan bentuk dari mempersiapkan mahasiswa khususnya para calon sarjana supaya mereka tidak hanya diperlukan secara teori, tetapi juga mereka tahu tempat yang akan mereka hadapi ke depan. “kata Yanwar Prawono.

BACA JUGA:  Meneropong Keadilan Islam dalam Kasus Vina, Sebelum 7 Hari: Sebuah Refleksi Hukum dan Moral

Kegiatan PPL ini kata dia, juga memberikan manfaat bagi Gereja-Gereja dan sekolah yang mendapat akses langsung ke talenta muda, yang bersemangat dan berpengetahuan.

‘Dengan demikian Gereja-Gereja maupun masyarakat dan sekolah diharapkan semakin memperkuat pengembangan gereja maupun pendidikan,” harapnya.

Mahasiswa STAK Luwuk-Banggai, khususnya Prodi Teologi akan mengikuti praktek di beberapa Sinode, yaitu Sinode GPIG, KGPM, GKLB, GPIBK. Sedangkan Mahasiswa Pendidikan Agama Kristen akan melaksanakan PPL di lingkup sekolah di wilayah Kabupaten Banggai.

BACA JUGA:  Naik Turunnya Keuangan Syariah: Refleksi Ketidaksempurnaan

Sementara itu, Wakil Ketua 1 Sinode GKLB, Martom Malenta, S.Th, saat memberikan materi pada kegiatan tersebut memberikan apresiasi kepada pihak STAK Luwuk-Banggai.

“Kegiatan ini bagus, luar biasa. Pembekalan ini dalam rangka mempersiapkan dengan baik mahasiswanya untuk turun lapangan, supaya mereka boleh mengatur dan melatih diri mereka dengan baik, sehingga sangat penting sekali dipersiapkan,” harapnya.

“Kegiatan PPL ini diharapkan tidak hanya meningkatkan kompetensi teknis mahasiswa, tetapi juga membantu mereka mengembangkan keterampilan sosial, kemampuan beradaptasi, dan kepemimpinan yang dibutuhkan dalam dunia kerja yang semakin kompleks,” tandasnya. RUM