Tingkatkan Kemampuan Personel, Polres Banggai Gelar Pelatihan Layanan dan Komunikasi Publik

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Dalam upaya meningkatkan kemampuan personelnya, Polres Banggai menggelar pelatihan keterampilan dan etika pelayanan public di Aula Rupatama, Selasa (15/11/2022) Pukul 09.00 Wita.

Kegiatan itu diisi pemateri dari Bank Rakyat Indonesia Cabang Luwuk Banggai, Silvia Rasu diikuti sejumlah personel yang terlibat pelayanan baik pada satuan Polres, Polsek dan SPKT.

Bacaan Lainnya

Waka Polres Banggai Kompol Margiyanta, SH.,MH mengungkapkan, pelatihan tersebut merupakan langkah Polres Banggai dalam rangka peningkatan kemampuan.

“Pelatihan ini dilakukan guna peningkatan kemampuan sehingga personel Polres Banggai menjadi lebih baik dalam pelayanan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Silvia Rasu  selaku pemateri menyampaikan bahwa sebagai garda terdepan pelayanan, aparat kepolisian harus membiasakan 5 S yakni, senyum, sapa, salam, sopan dan santun.

“Masyarakat melihat polisi itu malu dan segan, dengan kebiasaan 5S, semoga masyarakat yang dilayani bisa menjadi harmonis dan nyaman,” kata Silvia.

Sambungnya, masyarakat sebenarnya malas berurusan dengan polisi, tetapi sebenarnya rindu didekati polisi sebagai pengayom di tengah-tengah masyarakat.

“Tuntutan masyarakat terhadap polisi itu harus ramah dan nyaman, mereka tidak mau tahu polisi itu ada masalah apa, yang penting ketika meminta dilayani harus baik dengan senyuman,” jelasnya.

Selain 5S, seorang polisi juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan memahami psikologi masyarakat.

“Polisi itu harus memahami kondisi masyarakat, ada yang harus tegas, ada pula yang harus lembut. Jika seorang polisi memahami karakter ini, saya yakin, ada interaksi ideal, dan polisi jadi pengayom berjalan sesuai diinginkan,” tuturnya. (*)

Pos terkait