Tim HIMABIO UMLB Terus Genjot Program ‘Desa Wisata’ Poroan

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Tim Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMABIO) Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai (UMLB) terus menggenjot menyelesaikan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D).

Pelaksanaan PHP2D ini dipusatkan di Desa Poroan, Kecamatan Lamala. Sudah beberapa pekan, belasan mahasiswa turun ke lapangan untuk menyelesaikan semua program.

Bacaan Lainnya

“Saat ini, kami masih fokus menyelesaikan program ‘desa wisata’. Sisa tahap akhir yakni pembersihan,” ujar Ketua Prodi Pendidikan Biologi FKIP UMLB, Wahyudin Abd Karim kepada Banggai Raya, Selasa (22/9/2021).

Program desa wisata merupakan terobosan untuk pengembangan ekonomi baru. Sehingga masyarakat desa setempat bisa mengoptimalkan potensi wisata wilayah setempat dan tentunya ekonominya juga akan meningkat.

Wahyudin Abd Karim yang juga Dosen Pendamping PHP2D itu menjelaskan, ada beberapa program kerja yang tengah dilakukan.

“Mulai dari perbaikan jalan masuk ke wisata, membuat dego-dego, dan ayunan pantai,” katanya.

Tak hanya itu, mahasiswa juga melakukan penanaman pohon di sekitar pantai dan tempat permandian mata air.

“Bulan 10 (Oktober) kita sudah masuk pada program pemberdayaan dengan sasaran Ibu-ibu PKK,” terangnya.

Untuk program pemberdayaan ini, nantinya Tim HIMABIO akan melatih para ibu-ibu PKK bagaimana membuat sirup dan Nata De Coco. Dengan harapan, dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

Diketahui, PHP2D ini bertajuk ‘Pemberdayaan dan Pengembangan Potensi Pertanian, Perikanan dan Wisata Berbasis Kearifan Lokal (Budaya Popandaa) Berkelanjutan Terhadap Masyarakat Pesisir’. (*)

Penulis: Jajad Sudrajad

Pos terkait