Tenaga Medis di Banggai Dapat Sumbangan 300 Jas Hujan

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Di tengah minimnya alat pelindung diri (APD) dalam penanganan Covid-19, tenaga medis di Kota Luwuk, Kabupaten Banggai mendapatkan sumbangan 300 jas hujan.

Sumbangan dari H. Amrin Lapada itu didistribusikan oleh Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Banggai kepada sejumlah Puskesmas yang ada di Luwuk, Sabtu (28/3/2020).

Jas hujan memang belum sesuai dengan standar rekomendasi dari Kementerian Kesehatan, namun paling tidak untuk sementara bisa digunakan para petugas medis dalam melindungi diri saat berhadapan dengan pasien.

Gulbahar Ndilao, Ketua FPTI Kabupaten Banggai yang juga ikut mendistribusikan bantuan itu mengatakan, bantuan jas hujan dibagikan pada puskesmas yang ada di dalam Kota Luwuk.

“Kita salurkan ke Puskesmas Kampung Baru, Puskesmas Simpong, Pustu Kelurahan Luwuk, PSC dan Puskesmas Biak. Rencananya Senin nanti kita ke Puskesmas Nambo,” ujar Gulbahar kepada wartawan.

Menurutnya, para tenaga kesehatan yang berada di Puskesmas merupakan garda terdepan yang berhadapan langsung dengan para pasien. Hal ini tentunya selain membahayakan petugas kesehatan juga meningkatkan resiko bagi orang lain, dan keluarganya jika para tenaga kesehatan di Puskesmas tidak dilengkapi APD.

“Selain itu, meningkatnya kasus petugas kesehatan yang terpapar hingga meninggal akibat virus corona di Indonesia, seharusnya menjadi pembelajaran bagi kita semua masyarakat Kabupaten Banggai. Semestinya kita juga peduli dengan keselamatan tenaga kesehatan,” pungkasnya. JAD

Pos terkait