Tahun 2021, Orang Miskin di Banggai Bertambah 1.940 Jiwa

  • Whatsapp
Foto: Google Map

BANGGAI RAYA-Jumlah penduduk atau orang miskin di Kabupaten Banggai pada tahun 2021 bertambah sebanyak 1.940 jiwa, dari jumlah sebelumnya tahun 2020 sebanyak 28.160 jiwa menjadi 30.100 jiwa di tahun berikutnya.

Bertambahnya jumlah penduduk miskin itu diungkap Kepala Bappedalitbang Banggai Ramli Tongko dalam laporannya di hadapan rapat koordinasi penanggulangan kemiskinan daerah yang digelar Bappedalitbang di ruang Pahangkabotan, Luwuk, Selasa (21/6/2022).

Bacaan Lainnya

Angka tersebut kata Kepala Bappedalitbang, Ramli Tongko, berdasarkan data BPS Kabupaten Banggai, yang menyebutkan bahwa tingkat kemiskinan di Banggai tahun 2021 sebesar 7,83 persen dengan jumlah penduduk miskin sebesar 30.100 jiwa.

“Ada kenaikan tingkat kemiskinan dari tahun sebelumnya sebesar 7.39 persen dengan jumlah penduduk miskin sebesar 28.160 jiwa di tahun 2020,” terangnya.

Kegiatan itu diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappeda-Litbang) Kabupaten Banggai, dengan mengusung tema ‘Penguatan Kelembagaan Dalam Penanggulangan Kemiskinan Menuju Banggai Maju, Mandiri dan Sejahtra.’

Jumlah penduduk Kabupaten Banggai kata Ramli, secara umum sebesar 371.322 jiwa berada diurutan ke 3 se Provinsi Sulteng. Namun jumlah penduduk miskin di wilayah Kabupaten Banggai berada pada urutan ke 6 se Provinsi Sulawesi Tengah.

Sementara itu, Bupati Banggai H. Amirudin dalam sambutannya menegaskan perlunya langkah-langkah upaya percepatan penanggulangan kemiskinan yang dilakukan oleh pemda dengan mengintegrasikan seluruh stakeholders terkait, baik pemerintah maupun swasta.

“Saya berharap kepada seluruh dinas instansi terkait agar memaksimalkan manfaat dari program dan kegiatan yang ada agar lebih tepat manfaat dan tepat sasaran,” tegasnya.

Upaya-upaya yang akan dilakukan antara lain adalah dengan mensinergikan semua program-program dari pusat sampai daerah serta memaksimalkan verifikasi dan validasi data, di samping sinergitas antar sektor pembangunan yang ada termasuk upaya-upaya percepatan penyerapan dana pembangunan.

Turut hadir Tenaga ahli TNP2K Sekretariat Wapres RI Toton Hartono, SE, pimpinan OPD, camat se-kabupaten Banggai, para Kabag di lingkup Setda Banggai, pimpinan BUMN/BUMD, serta undangan lainnya. DAR/*

Pos terkait