Syarat Tiga Paslon akan Diumumkan 13-14 September

  • Whatsapp
Makmur Dg Manesa

BANGGAI RAYA – Jadwal pendaftaran bakal pasangan calon bupati/wakil bupati Banggai di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020, telah berlangsung. Dimulai sejak 4 September dan akan berakhir pada 6 September 2020.

Diketahui, tiga bakal pasangan calon bupati/wakil bupati Banggai dipastikan akan bertarung di Pilkada Banggai yang voting day-nya jatuh pada 9 Desember 2020 mendatang.

Mereka adalah Herwin Yatim-Mustar Labolo (Winstar), Amirudin Tamoreka-Furqanudin Masulili (AT-FM) dan Sulianti Murad-Zainal Abidin Alihamu (HATIMU).

Sejauh ini, selama jadwal pendaftaran bakal calon kepala daerah berlangsung, tiga paket pasangan tersebut telah resmi mendaftarkan diri sebagai peserta Pilkada Banggai tahun ini.

Winstar merupakan paket pasangan yang lebih awal mendaftar ke kantor KPU Banggai pada Jumat (4/9/2020) pagi. Disusul pendaftar kedua di hari yang sama, yakni AT-FM. AT-FM datang mendaftarkan diri di kantor KPU Banggai pada pukul 14.00.Wita.

Kemudian, di hari terakhir, tepatnya pada Minggu (6/9/2020) pagi, HATIMU datang mendaftarkan diri di kantor KPU Banggai.

Berkas pendaftaran ketiga paket pasangan tersebut dinyatakan diterima. “Ya, berkas tiga pasangan calon bupati/wakil bupati Banggai tahun 2020 itu berstatus diterima,” kata Komisioner KPU Banggai, Makmur Dg Manesa kepada Banggai Raya, Minggu (6/9/2020).

Saat ini jelas Makmur, syarat ketiga paket pasangan itu akan dilakukan verifikasi. ”Syarat calon akan dilakukan penelitian atau verifikasi. Mulai 6 sampai dengan 12 September,” ujar Makmur.

Kemudian lanjut Makmur, hasil verifikasi syarat calon ketiga pasangan tersebut akan diumukan. “Hasil verifikasi syarat calon akan disampaikan pada 13 sampai dengan 14 September 2020, apakah MS (Memenuhi Syarat) atau BMS (Belum Memenuhi Syarat). Jika BMS, maka akan dikembalikan untuk dilakukan perbaikan,” tutur Makmur.

Makmur juga menginformasikan bahwa tiga bakal calon yang mendaftar telah mengikuti tes swab Covid-19 dan hasilnya negatif. “Tiga pasangan calon itu telah menjalani tes swab covid dan semuanya negative corona,” ujarnya. URY

Pos terkait