Swab 3 Positif Rapid Tes Dikirim ke Palu

RATUSAN ODR DAN OTG JALANI RAPID TES

BANGGAI RAYA- Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Banggai melalui sejumlah puskesmas, sejak beberapa hari terakhir melakukan rapid tes terhadap ratusan warga yang berstatus orang dengan risiko (ODR) atau orang yang datang dari kawasan zona merah Covid-19. Selain terhadap ODR, tes rapid juga dilakukan terhadap satu orang berstatus sebagai orang tanpa gejala (OTG) atau orang yang sempat melakukan kontak dekat dengan pasien positif Covid-19 di Kabupaten Banggai Kepulauan.

Dari tes cepat terhadap antibodi tubuh yang dilakukan sejak hari Jumat hingga Minggu (8-10/5/2020) kata Juru Bicara Tim Penanganan Covid-19 Kabupaten Banggai Nurmasita Datu Adam, tiga di antaranya positif, sementara ratusan lainnya negatif. Dua orang yang dinyatakan positif sesuai rapid tes, adalah warga berstatus ODR, sementara satu lainnya yang juga positif, adalah OTG yang sempat melakukan kontak dengan pasien positif Covid-19 di Bangkep.

BACA JUGA:  Naik Turunnya Keuangan Syariah: Refleksi Ketidaksempurnaan

Pemeriksaan rapid tes terhadap ODR maupun OTG itu dilakukan di berbagai puskesmas di Kabupaten Banggai.

Kepada wartawan Minggu (10/5/2020), Nurmasita mengatakan bahwa tiga orang yang dinyatakan positif sesuai rapid tes itu, telah diambil sampel swabnya atau usap tenggorokan, guna menentukan apakah positif Covid-19 atau negatif.

BACA JUGA:  Rayakan Iduladha 1445 Hijriah, DSLNG Berbagi Kurban 17 Ekor Sapi

“Hari ini, sampel swab tiga orang positif sesuai rapid tes,  telah dikirimkan ke Balai Litbang Palu untuk dilakukan pemeriksaan. Sampel swab itu yang akan menentukan positif atau negatifnya covid-19,” jelasnya.

“Hasil penyelidikan epidemiologi, yang diketahui melakukan kontak erat dengan pasien Covid-19 di Bangkep berjumlah satu orang,” ujarnya.

Rapid Tes yang dilakukan Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 melalui sejumlah Puskesmas, menyasar orang dengan risiko. Pada Jumat, rapid Tes dilakukan terhadap 101 ODR, dengan hasil 99 negatif dan dua orang positif. Kemudian pada Sabtu dilakukan rapid Tes terhadap 142 orang, dan seluruhnya negatif. Selanjutnya pada rapid Tes yang dilakukan terhadap 31 orang dengan risiko (ODR) pada hari Minggu kemarin, seluruhnya juga negatif. Sementara rapid Tes terhadap satu orang tanpa gejala (OTG) yakni orang yang melakukan kontak dekat dengan pasien positif Covid-19 asal Bangkep, hasilnya juga positif.

BACA JUGA:  Meneropong Keadilan Islam dalam Kasus Vina, Sebelum 7 Hari: Sebuah Refleksi Hukum dan Moral

Karenanya, tiga orang yang hasil rapid Tesnya positif itu, dilanjutkan dengan pemeriksaan dan pengambil sampel swab, untuk selanjutnya diperiksa di Balai Litbang Kesehatan di Palu. DAR