Sutrisno K Djawa Resmi Dilantik Sebagai Rektor Unismuh Luwuk

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA– Ketua Majelis Dikti Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof. Lincolin Arsyad, M.Sc., Ph.D secara resmi melantik Sutrisno K Djawa sebagai Rektor Unismuh Luwuk periode 2020-2024, Senin (29/6/2020) di pelataran kampus hijau tersebut secara virtual atau daring.

Pelantikan Rektor Unismuh Luwuk ini turut disaksikan atau dihadiri oleh Koordinator LLDIkti Wilayah IX Sulawesi, Prof Dr Jasruddin MS., Pimpinan Wilayah Muhammadiyah, Hadi Sutjipto, B.Sc. S. Ag. M. Pd, Rektor Unismuh Palu, Kopertais Wilayah VIII, Staf Ahli Bupati, Drs. Jayadin, Pimpinan Daerah Muhammadiyah, ortom, wakil-wakil rektor dan civitas akademika kampus hijau tersebut.

Dalam acara pelantikan ini, panitia pelaksana menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona. Di mana setiap tamu undangan wajib mengenakan masker, cuci tangan sebelum masuk dan jaga jarak. Pemberian ucapan selamat pun tidak dilakukan dengan kontak fisik.

Dilantik sebagai Rektor Unismuh Luwuk, Sutrisno K Djawa SE., MM., menyanjung kinerja atau dedikasi Farid Haluti selalu rektor dua periode. Di tangannya kata Sutrisno, Farid mampu membawa Unismuh Luwuk menjadi perguruan tinggi nomor dua terbaik di Sulteng, dan PTS terbaik nomor satu di Sulteng. “Olehnya itu, pada kesempatan ini, saya berharap bapak bisa mendampingi kami selama kepemimpinan masa bakti 2020-2024,” ujar Sutrisno K Djawa.

Saat ini kata Sutrisno K Djawa, memasuki era digital. Dan di era ini, tentunya harus bisa bersinergi. “Karena satu-satunya jalan untuk bisa mencapai yang kita inginkan atau cita-citakan, itu harus bersinergi. Sinergitas paling penting dan kolaborasi. Saya berharap, semua stakeholder untuk sama-sama memajukan Unismuh Luwuk ke depan,” katanya.

Ia meyakni, dengan bersinergi dan bergandengan tangan, apa yang dicita-citakan untuk kemajuan Unismuh Luwuk ke depan seperti disampaikan rektor lama dapat tercapai.

Sementara, pejabat lama Farid Haluti menyampaikan bahwa kondisi Unismuh Luwuk saat ini dalam kondisi sehat waalafiat. Itu melihat dari SDM dosen yang mumpuni dan semua prodi terakreditasi bahkan 7 prodi diantaranya terakreditasi B.

Dalam kesempatan itu, Farid juga tak luput mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, yang telah bersama-sama bersinergi memajukan Unismuh Luwuk selama periodenya.

“Terima kasih juga kepada Pemda Banggai, perlu kami sampaikan bahwa kepedulian Pemda kepada Unismuh Luwuk cukup tinggi. Ucapan terima kasih atas kiprahnya dalam sama-sama membangun pendidikan di Kabupaten Banggai ini,” ungkapnya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Farid kepada Ketua BPH Unismuh Luwuk, H. Basri Sono yang telah menjadi mitra terbaiknya selama ini. Dan seluruh civitas akademika. “Kalau seandainya Unismuh Luwuk hari dikatakan berprestasi, maka itu semua hasil kerja keras bersama,” katanya.

Sebelum mengakhiri sambutan, Farid menitip pesan kepada Sutisno K Djawa selaku rektor baru agar ke depan tetap menjaga status akreditasi. Jangan sampai kata dia, ada status akreditasi yang kadaluwarsa. Karena jika itu terjadi, bukan hanya institusi yang rugi, tapi juga dapat merugikan mahasiswa dan alumni.

“Jika akreditasi terjaga, Inya Allah seluruh komponen akademik akan terjaga dengan baik. Kemudian kedua, Kedua laporan pangkalan dikti perguruan tinggi. Ini juga penting karena ini adalah napas perguruan tinggi. Jangan main-main, karena ini menjadi indikator keberhasilan kita. Dan nasib mahasiswa ada di situ, jangan sampai mahasiswa sudah selesai dan sarjana tapi tidak terlapor. Itu akan fatal,” pesannya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Herwin Yatim dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Staf Ahli Bupati, Drs Jayadin mengucapan selamat kepada Sutrisno K Djawa atas dilantiknya sebagai rektor empat tahun ke depan. Semoga dalam kepemimpinannya, Sutrisno mampu bekerja dengan penuh kerja keras, perhatian, dan tanggungjawab serta selalu mengedapankan kerjasama.

Sementara, Ketua Majelis Dikti PP Muhammadiyah, Prof Lincolin Arsyad M.Sc., Ph.D mengucapkan terima kasih kepada Farid Haluti atas dedikasinya selama dua periode menjabat sebagai Rektor Unismuh Luwuk. “Terima kasih kepada rektor lama yang telah mengembangkan kampus Unismuh Luwuk dan saat ini dilanjutkan Sutrisno K Djawa SE, MM.,” ungkapnya.

Ia berpesan kepada Sutrisno K Djawa, untuk selalu menjalin kerjasama yang baik untuk memajukam kampus hijau tersebut.

Koordinator LLDIKti Wilayah IX Sulawesi, Prof Dr. Jasruddin MS., juga memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Farid selaku rektor lama. “Untuk rektor baru, rahmat itu ketika kita bisa lebih baik dari hari ini. Komunikasi yang baik dan gotong royong dapat menyelesaikan semua masalah. Oleh sebab itu, kebersamaan menjadi hal penting untuk membawa Unismuh Luwuk lebih maju lagi ke depannya,” pesannya.

Pimpinan Wilayah Muhammadiyah, Hadi Sutjipto B.Sc., S.Ag., M.Pd., juga mengucapkan terima kasih kepada Farid selaku pejabat lama yang telah bekerja keras dan telah membawa Unismuh Luwuk maju dan berkembang. “Harapan saya kepada rektor baru, dapat melanjutkan dan mengembangkan lebih maju lagi apa yang dicapai oleh rektor lama,” harapnya. JAD