Sutrisno K Djawa Menang di Pilrek Unismuh Luwuk

  • Whatsapp

TIGA NAMA PERAIH SUARA TERTINGGI SEGERA DIAJUKAN

BANGGAI RAYA- Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luwuk sukses melaksanakan Pemilihan Rektor (Pilrek) untuk periode 2020-2024, Senin (4/5/2020) yang berlangsung di ruang pascasarjana. Dalam Pilrek tersebut, Sutrisno K Djawa berhasil keluar sebagai pemenang dengan meraup 22 suara.

Ketua Tim Penjaringan Pilrek Unismuh Luwuk, Dri Sucipto menjelaskan, dalam pemilihan rektor ini dihadiri semua anggota senat yakni 26 orang. “Alhamdulillah Pilrek berjalan lancar dan tertib, semua anggota senat 26 orang hadir dan memberikan hak suaranya,” kata Dri Sucipto kepada Banggai Raya, Senin (4/5/2020) via pesan WhatsApp.

Adapun perolehan suara dalam Pilrek itu, Sutrisno K Djawa berhasil keluar sebagai peraih suara terbanyak dengan mengantongi 22 suara. Disusul oleh H. M. Ikhwan Rays dengan 19 suara, dan Dr. Moh Gifari Sono menempati urutan ketiga dengan perolehan 16 suara . Sementara Agung K Djibran menempati urutan keempat dengan 11 suara dan Dr. Nurhidayah Layoo hanya meraup 10 suara.

Dalam Pilrek ini, setiap anggota senat berhak memilih tiga nama calon rektor yang ada dengan mencontreng kolom tanda gambar dalam surat suara. Setelah mencotreng calon yang dipilih, wajib pilih dalam hal ini anggota senat memasukan surat suara dalam kotak suara yang disediakan.

Meskipun meraih suara tertinggi atau memenangkan Pilrek Unismuh Luwuk, Sutrisno K Djawa belum bisa dipastikan akan menduduki jabatan rektor periode 2020-2024. Pasalnya, dalam penetapan rektor untuk masa jabatan empat tahun itu, kampus hijau harus mengajukan tiga nama peraih suara terbanyak ke Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Setelah tiga nama diajukan, Pimpinan Pusat Muhammadiyah memiliki kewenangan penuh untuk menentukan siapa calon yang akan ditetapkan sebagai rektor di kampus hijau tersebut. Dan tentunya semua berdasarkan berbagai pertimbangan.

“Setelah ini, calon rektor yang meraih suara tertinggi dari urutan satu sampai tiga itulah yang akan diajukan ke Pimpinan Pusat Muhamamdiyah. Paling lambat kita ajukan tujuh hari setelah ini, hasil dan seluruh dokumen kita kirim ke Pimpinan Pusat Muhammadiyah,” jelasnya.

Menurut Dri Sucipto, ketiga nama peraih suara terbanyak yaitu Sutrisno K Djawa, H. M. Ikhwan Rays dan Dr. Moh. Gifari Sono memiliki peluang yang sama untuk ditetapkan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah. “Untuk hasil penetapan dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah kita belum tahu, yang jelas tidak akan lewat tanggal 28 Juni 2020,” tandasnya.

Untuk diketahui, Pilrek Unismuh Luwuk yang berlangsung secara demokratis itu dihadiri langsung Rektor Unismuh Luwuk, Dr. Farid Haluti dan Ketua BPH Unismuh Luwuk, H. Basri Sono. JAD

Pos terkait