Sulteng 2 Positif, ODP di Banggai 12 Orang

  • Whatsapp
Ilustrasi

BANGGAI RAYA- Provinsi Sulawesi Tengah kini menjadi salah satu provinsi yang sudah terpapar virus corona atau Covid-19, menyusul adanya dua pasien dalam pengawasan yang terkonfirmasi positif, berdasarkan hasil uji sampel di laboratorium kesehatan. Kedua pasien positif itu berdomisili di Kota Palu.

Berdasarkan data dari Tim Penanggulangan Covid-19 Sulteng Minggu (29/3/2020), dua pasien positif itu dirawat di rumah sakit Palu. Di Sulteng sendiri saat ini terdapat 28 pasien dalam pengawasan (PDP) yang tersebar di berbagai rumah sakit di kabupaten dan kota se Sulteng, termasuk satu orang di RSUD Luwuk, Kabupaten Banggai.

Bacaan Lainnya

Jumlah PDP terbesar berada di Palu, dengan jumlah 17 orang dan tiga di antaranya sudah dinyatakan sembuh atau negatif corona. Jumlah PDP terbanyak berikutnya berada di Morowali Utara sebanyak empat orang, kemudian Sigi dan Touna masing-masing dua orang, serta Banggai, Tolitoli dan Parimo masing-masing satu orang.  Sementara untuk warga berstatus orang dalam pemantauan (ODP) di Sulteng, terdapat 59 orang yang tersebar di berbagai kabupaten/kota.

Khusus di Kabupaten Banggai, berdasarkan data yang dirilis Juru Bicara Tim Penanganan Covid-19 kabupaten, Nurmasita Datu Adam, terdapat 12 warga berstatus ODP, karena memiliki gejala batuk dan demam serta ada riwayat perjalanan ke daerah terjangkit. Namun dua orang di antaranya sudah dinyatakan sembuh. Jumlah ODP di Banggai ini bertambah tiga orang dibanding laporan tim pada Sabtu, akhir pekan lalu.

Sementara jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) masih tetap satu orang dan saat ini berada di ruang isolasi RSUD Luwuk. Pasien tersebut kini tengah menunggu hasil pemeriksaan hasil swab atau usap tenggorokan yang telah dikirim ke Balai Besar Laboratorum Kesehatan (BBLK) Makassar. Hasil uji itu kata Nurmasita, baru bisa diketahui apakah negatif atau positif Cpvid-19, antara 5 hingga 10 setelah pengiriman sampel. Secara umum kata dia, kondisi pasien PDP di ruang isolasi itu dalam keadaan baik. DAR