Sukses Pertahankan Proper Emas, JOB Tomori Terima Sertifikat Proper Periode 2020-2021

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA-Keberhasilan JOB Pertamina Medco E&P Tomori Sulawesi mempertahankan penghargaaan Proper Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada tahun 2020-2021 lalu didasari pada penilaian bahwa perusahaan hulu migas yang beroperasi di Kabupaten Banggai dan Morowali Utara itu, telah berkontribusi dan menuai prestasi pada Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan. Atas keberhasilan tersebut, KLHK Republik Indonesia menyerahkan penghargaan tertinggi bidang lingkungan pada perusahaan tersebut di Jakarta pada 28 Desember 2021.

Penghargaan Proper Emas itu kemudian disusul penyerahan Sertifikat Penghargaan yang dilaksanakan di Palu pada Rabu (15/6/2022). Sertifikat Penghargaan ini diserahkan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Tengah M. Sadly Lesnusa , kepada kepada managemen JOB Tomori yang dihadiri oleh Senior Manager QHSE, Juli Rusjanto.

Bacaan Lainnya

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI menggelar ajang penilaian, tak lain sebagai upaya pemerintah untuk mendorong penaatan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup melalui publikasi kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup. Penghargaan ini memperlihatkan JOB Tomori yang berhasil mempertahankan kategori Emas kedua di tahun 2021 untuk perusahaan di wilayah Sulawesi.

“Kami mengapresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang turut berpartisipasi dalam perbaikan lingkungan di wilayah Sulteng, khususnya penerima proper Emas. Hal ini bertujuan agar generasi mendatang mendapatkan lingkungan yang baik dan partisipasi perusahaan tersebut dapat membangun Provinsi Sulteng yang maju dan sejahtera.” ungkap Sadly Lesnusa.

Ini merupakan bukti komitmen perusahaan dalam pembangunan berkelanjutan yaitu di bidang ekonomi, sosial dan perlindungan lingkungan yang berprinsip “memenuhi kebutuhan sekarang tanpa mengorbankan pemenuhan kebutuhan generasi masa depan.”

Sebelumnya, JOB Tomori telah berhasil meraih 1 Proper Emas dan 3 kali Proper Hijau dengan melewati kriteria penilaian Proper Biru. Dari penilaian tersebut, perusahaan telah memperoleh citra/reputasi sesuai pengelolaan lingkungan.

“Mempertahankan penghargaan Proper Emas merupakan prestasi JOB Tomori yang membanggakan, Ini menjadi yang pertama bagi KKKS di wilayah Kalimantan dan Sulawesi. Langkah-langkah strategis juga dijalankan perusahaan mulai dari efektivitas, mempertahankan hasil produksi, hingga tetap menjunjung tinggi operational excellence dengan membangun lingkungan kerja tangguh Covid-19. Capaian ini merupakan bukti kinerja JOB Tomori melalui karyawan-karyawan yang melakukan inovasi dan berjalan sesuai dengan target,” kata Juli Rusjanto, Senior Manager QHSE.

Dalam capaian Proper Emas tahun ini, JOB Tomori memfokuskan program Eco Inovasi yakni penanaman Mangrove Hidroponik, penurunan emisi melalui program Optimalisasi Acid Gas Removal Unit. Tidak hanya itu, program inovasi agroekologi dengan program unggulan KONSER SEKSI (Konservasi Serak Sulawesi), Mesin Pinggul (Mesin Penyiang Gulma), TAMENG SIRKUS (Tanaman Mengkudu Pengusir Tikus) ikut bersama mambantu JOB Tomori mempertahakan Proper Emas.

Juli atas nama JOB Tomori juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder di daerah operasi JOB Tomori yakni Sulawesi Tengah, yang telah bersama membantu dalam meraih penghargaan tertinggi dari KLHK yakni Proper Emas. Tugas selanjutnya adalah mempertahankan dan menjadi lebih baik dengan kemandirian program-program unggulan di tahun 2022 dengan dukungan dan peran dari stakeholder. DAR/**

Pos terkait