Sukses Lestarikan Budaya Berbasis Digital, Herwin Yatim Dinilai Pemimpin Inovatif

BANGGAI RAYA- Calon Bupati Herwin Yatim dinilai sebagai sosok pemimpin inovatif yang sukses melestarikan budaya Kabupaten Banggai. Hal ini lantaran Herwin berhasil menciptakan kamus Bahasa Balantak dan Saluan berbasis digital yang dapat diakses melalui platform playstore.

Menurut Cabup Herwin, upaya tersebut merupakan sebagai bentuk kecintaan Herwin-Mustar akan budaya dan kearifan lokal yang ada di Kabupaten Banggai. Sehingga perlu adanya pelestarian agar generasi muda terus bisa menikmatinya.

“Makanya perlu dilestarikan, terutama dalam bahasa. Terlebih di era sekarang yang semua serba digital, maka ketika di pemerintahan daerah kita membuat kamus bahasa balantak dan saluan,” ujar Herwin Yatim.

BACA JUGA:  Lima Mahasiswa Unismuh Luwuk Ikuti ONMIPA-PT Tingkat LLDIKTI XVI, Ini Daftar Namanya!

Tidak hanya sampai di situ, kecintaan Herwin untuk terus melestarikan budaya Banggai juga ditunjukkan saat di acara resmi baik tingkat nasional dan internasional dengan selalu mengenakan budaya dan baju adat saluan.

“Agar mereka kenal, siapa kita dan dari daerah mana kita. Dan juga ini membuka peluang agar mereka tertarik dengan budaya kita, Alhamdulillah sekarang batik tenun nambo punya hak cipta sendiri,” tandas Herwin Yatim.

BACA JUGA:  Anggota DPRD Banggai Sebut Luwuk so Kotor

Menanggapi hal tersebut, Martie (53) masyarakat dari Desa Louk, Kecamatan Luwuk Timur, sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Herwin Yatim dalam memajukan daerah. Menurutnya, Herwin merupakan sosok inovatif yang mampu terus memajukan Banggai ke depan.

“Saya lihat, Pak Herwin ini orangnya baik dan punya kinerja nyata. Beliua selalu berinovasi dalam memimpin. Walaupun ada kekurangan, tapi kita percaya di periode kedua akan lebih baik lagi,” ungkap Martie.

BACA JUGA:  Naas! Lakalantas di Masama Banggai, Dua Pemotor Alami Patah Tulang

Selain itu, Martie mengajak masyarakat untuk memilih seorang pemimpin yang mempunyai kerja nyata untuk memajukan dan merawat budaya Banggai.

Tidak hanya Martie, Linda (36) masyarakat Desa Louk, Kecamatan Luwuk Timur juga mengaku sangat bangga atas kepemimpinan Herwin-Mustar, kearifan lokal dapat terjaga.

“Pak Herwin masih yang terbaik, punya kinerja untuk memajukan Banggai. Jadi kita tetap WinStar, untuk kemajuan Banggai berlanjut,” ungkap Linda. (*)