Stok Beras 2 Bulan ke Depan Aman

  • Whatsapp
PEMDA SIAPKAN 100 TON LEBIH

BANGGAI RAYA– Di tengah mewabahnya pandemi Covid-19 alias Virus Corona, Pemerintah Daerah (Pemda) Banggai telah mengambil berbagai langkah untuk mencegah dan mengantisipasi berbagai kemungkinan akan terjadi. Seperti halnya di sisi penyediaan bahan pangan.

Saat ini, Pemda Banggai telah menyiapkan stok beras sebanyak 100 ton lebih. Stok beras itu, bisa menjamin kebutuhan hingga dua bulan ke depan.

“Insya Allah, ketersediaan stok beras kita di tahun ini, dijamin aman hingga dua bulan ke depan. Stok beras yang telah tersedia dan telah dianggarkan adalah sebanyak 100 ton lebih,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Banggai, Rudi Bulla dalam telekonferensi forum Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2021, Senin (13/4/2020).

Dalam rapat yang dipimpin Bupati Banggai, Herwin Yaim itu, dia menyebutkan, terkait dengan ketersediaan stok beras di tahun ini bisa mencukupi kebutuhan.

Selain itu lanjut dia jelaskan, berdasarkan hasil koordinasi dengan pihak Bulog, di Bulog sendiri ketersediaan stok beras masih mencapai kurang lebih 450 ton. Kemudian bahan pangan lainnya, misalnya minyak gireng tersedia kurang lebih 10 ribu liter, tepung terigu ada sebanyak 800 kilogram.

“Jadi, Insya Allah stok bahan pangan kita masih terbilang aman hingga dua bulan ke depan,” terangnya.

Tidak hanya itu, pada Mei 2020 ini, pada saat panen juga akan tersedia stok beras kurang lebih sekitar 500 ton.

“Dan di tahun ini, kami juga ada program terkait dengan pembagian stok beras hingga ke seluruh wilayah kecamatan. Jadi kami mengharapak kerjasama dari pemerintah desa agar program ini bisa benar-benar berjalan dengan baik,” ujarnya.

Dia mengakui, bahwa terkait dengan ketersediaan pangan di Kabupaten Banggai saat ini, tidak perlu dikhawatirkan. “Karena kesiapan pangan kita terjamin,” tuturnya. URY

Pos terkait