Soal Manajemen dan Tata Kelola, Komisi III DPRD Banggai “Belajar” ke PDAM Palu

  • Whatsapp
ROMBONGAN Komisi III DPRD Kabupaten Banggai saat berdialog dengan Direktur PDAM Kota Palu, Alfian beserta jajaran, Senin (4/10/2021) saat melakukan kunjungan kerja di PDAM Kota Palu untuk melihat dan mengetahui secara lebih dekat sistem manajemen serta tata kelola PDAM Kota Palu yang bisa ditransformasikan ke PDAM Kabupaten Banggai. FOTO: IST

BANGGAI RAYA- Komisi III DPRD Kabupaten Banggai lakukan kunjungan kerja (Kunker) ke PDAM Kota a Palu, untuk “Belajar” terkait pengelolaan manajemen dan tata kelola Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang profesional.

Kunjungan kerja itu dilakukan Komisi III DPRD Kabupaten Banggai, Senin (4/10/2021) di PDAM Kota Palu, dipimpin Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Banggai, Fuad Muid didampingi sejumlah anggota Komisi III..

Bacaan Lainnya

Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Banggai, Irwanto Kulap mengungkapkan,, kunjungan kerja ke PDAM Kota Palu itu untuk sharing tentang manajemen dan tata kelola PDAM.

“Intinya kita shering tentang menagemen dan tata kelolanya. Nah banyak hal yang perlu diambil manfaatnya di antaranya pelayanan dan tingkat kepuasan pelanggan menjadi fokus utama,” ujar Irwanto Kulap, Selasa (5/10/2021).

Dia mencontohkan, ketersediaan suplai air ke pelanggan serta kualitasnya tetap terjaga, jika kondisi penghujan seperti sekarang ini, dengan cara menggunakan sistim penjernihan seperti banyaknnya ketersedian bak mulai dari bak tangkapan kemudian bak pemurnian sampai bak pendistribusian ke pelanggan.

Selain itu kata Irwanto, bahwa kinerja karyawan ditingkatkan dengan memberi insentif yang memadai sesuai dgn beban kerja…

“Memang PDAM Kota Palu belum memberikan dampak provit ke daerah karena nilai keuntungan belum wajar dijadikan sebagai PAD oleh pihak Pemkot. Namun ada satu hal yang patut kita contohi, bahwa pelayanan yang maksimal menjadi rujukan utama mereka terhadap pelanggan. Padahal mereka baru bangkit kembali dari pasca gempa dan tsunami yang merusak jaringan instalasi perpipaan,” sebutnya.

Justru kata dia, pihak PDAM Kota Palu melihat PDAM Banggai lebih menjanjikan dari PDAM Kota Palu dan bisa memberi deviden ke daerah serta bisa maksimal pelayanannya karena sangat diuntungkan dengan sumber airnya banyak serta menggunakan gravitasi dan airnya akan lebih jernih jika dikelola dengan baik.

“Satu hal juga yang mereka katakan bahwa mereka mendapatkan hibah pusat dan penyertaan modal dari Pemkot bahkan mereka berupaya mendapatkan hibah dari Australia dan dan saat ini lagi sementara persiapan perencanaan pelaksanaan hibah tersebut yang akan di laksanakan dalam waktu dekat,” jelasnya.

Dia menambahkan, dari hasil kunker tersebut, pihak PDAM Kota Palu yang dipimpin Alfian, memberi saran bahwa perlu ada terobosan yang baru dengan inovasi yang harus dilakukan dan mencari sumber-sumber dana hibah yang bersumber dari luar negeri.

“Komisi III berharap dengan komposisi struktur PDAM Banggai yang baru saat ini, harapan masyarakat dapat dipenuhi dengan mendapat pelayanan air bersih yang layak untuk digunakan serta PDAM Banggai dapat menjalankan manajemen yang baik serta tata kelola yang lebih professional,” tandasnya. (*)

Penulis: Rahman Asnawi

Pos terkait