SMKN 5 Luwuk Timur Praktik di Pembibitan Sapi Tandos

  • Whatsapp
LOKASI Pembibitan Ternak Sapi di Perkebunan Tandos, Desa Bumi Beringin, Kecamatan Luwuk Utara. FOTO: ISTIMEWA

BANGGAI RAYA- Sejumlah siswa SMK Negeri 5 Kecamatan Luwuk Timur melaksanakan kegiatan praktik kerja lapangan (PKL) di Lokasi Pembibitan Sapi, di Perkebunan Tandos, Desa Bumi Beringin, Kecamatan Luwuk Utara. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua bulan dimulai Selasa, tanggal 12 Oktober 2021.

Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Pembibitan Ternak Sapi di Tandos, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Kabupaten Banggai, DR. Irsan Tatu, SP, MP menjelaskan, sebanyak 21 siswa SMKN 5 Luwuk Timur sedang melakukan kegiatan PKL di Disnakkeswan Banggai. Sebanyak 7 orang berada di lokasi pembibitan sapi di Tandos, dan sisanya 14 orang berada di Desa Baya.

“Benar siswa SMKN 5 Luwuk Timur melakukan kegiatan PKL di Dinas Peternakan Banggai. Ada 7 orang di lokasi pembibitan sapi Tandos, dan di Desa Baya sisanya, dari rencana sebanyak 21 Pelajar,” kata Irsan Tatu kepada Banggai Raya, Selasa (12/10/2021).

Menurut dia, kegiatan praktik pelajar baru enam hari aktif. Praktik itu sebatas penyuluhan pencegahan penyakit pada ternak ruminansia, manajemen stok pakan, dan kegiatan kawin suntik atau inseminasi buatan pada ternak sapi.

“Dan penyuluhan tentang jenis dan cara managemen perkandangan. Rencana pelajar praktik selama 2 bulan, dan dipusatkan kegiatan praktik mulai Selasa ini, termasuk di lokasi pembibitan ternak Desa Baya. Siswa lebih banyak di lokasi Desa Baya, dengan pertimbangan fasilitas yang sangat memadai untuk dilakukan praktik kerja,” cetusnya.

Sementara, Kepala Dinas Nakkeswan Kabupaten Banggai, Ir. Ferlyn Menggesang mengatakan, Pusat Pembibitan Ternak Sapi, di lokasi Perkebunan Tandos, Desa Bumi Beringin, Kecamatan Luwuk Utara seluas 85 Ha merupakan hibah masyarakat Desa Bumi Beringin kepada Pemda Banggai sejak tahun 2009.

“Di situ (Tandos) merupakan lokasi ternak sapi jenis PO (peranakan ongol) sebanyak kurang lebih 40 ekor. Lokasi pembibitan ternak untuk peningkatan pengembangan ternak sapi. Pusat pembibitan ternak sapi yang ada di Tandos, Desa Bumi Beringin dan di Desa Baya. Dan itu dapat dijadikan tempat edukasi para pelajar,” kata Ferlyn menambahkan. (*)

Penulis: Muh Rum Lengkas

Pos terkait