SMK Negeri 1 Luwuk Lepas 406 Siswa PKL Dari Enam Jurusan

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- SMK Negeri 1 Luwuk melepas sebanyak 406 siswa praktik kerja lapangan (PKL) yang terbagi kedalam enam kompetensi keahlian. Siswa PKL dilepas oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Menengah Wilayah V Provinsi Sulawesi Tengah, Yasser Masulili, di Hotel Santika Luwuk, Kamis (4/8/2022) kemarin.

Turut hadir pada kegiatan itu, Kacabdis Wilayah V, Kasi SMK Wilayah V, Kepala SMKN 1 Luwuk, Ketua Komite SMKN 1 Luwuk, Pengawas Pembina SMKN 1 Luwuk, Pimpinan Dunia Usaha dan Dunia Industri, Dunia Kerja (DUDIKA), guru dan staf tata usaha SMKN 1 Luwuk, serta peserta PKL SMKN 1 Luwuk tahun pelajaran 2022/2023.

Bacaan Lainnya

406 siswa PKL terbagi dari Akuntansi Keuangan Lembaga sebanyak 102 siswa, Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran 102 siswa, Bisnis Daring dan Pemasaran 62 siswa,Teknik Komputer dan Jaringan 72 siswa, Usaha Perjalanan Pariwisata 34 siswa serta Perbankan dan Keuangan Mikro sebanyak 34 siswa.

Ketua Panitia PKL SMK Negeri 1 Luwuk tahun pelajaran 2022/2023, Rauf dalam laporannya, menjelaskan, praktik kerja lapangan adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di dunia usaha atau dunia industri yang relevan dengan kompetensi atau kemampuan siswa sesuai bidangnya.

Menurut dia, dasar hukum pelaksanaan PKL, yaitu Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2015 tentang Pembangunan Sumber Daya Industri, Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter, Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 03/M-IND/PER/1/2017 tentang Pedoman Pembinaan dan Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Kompetensi yang Link and Match dengan Industri, Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Nomor 4678/D/KEP/MK/2016 tentang Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan, Permendikbud 50 tahun 2020 tentang Praktik Kerja Lapangan bagi peserta didik dan SK Kepala SMK Negeri 1 Luwuk tentang panitia pelaksana PKL tahun 2022/2023

“Tujuan PKL untuk memberikan pengalaman kerja langsung (real) untuk menanamkan (internalize) iklim kerja positif yang berorientasi pada peduli mutu proses dan hasil kerja. Menanamkan etos kerja yang tinggi bagi peserta didik untuk memasuki dunia kerja menghadapi tuntutan pasar kerja global. Memenuhi hal-hal yang belum dipenuhi di sekolah agar mencapai kebutuhan standar kompetensi lulusan. Mengaktualisasikan penyelenggaraan PKL antara SMK dan institusi pasangan, memadukan secara sistematis dan sistemik program pendidikan di SMK dan program latihan di dunia kerja,” kata Rauf.

Lebih lanjut, Ia mengatakan, manfaat PKL bagi siswa yakni untuk menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki keahlian professional,mengasah keterampilan yang diberikan sekolah menengah kejuruan (SMK), menambah keterampilan, pengetahuan, gagasan-gagasan seputar dunia usaha serta industry, menjalin kerja sama yang baik antara sekolah dan perusahaan terkait, baik dalam dunia usaha maupun dunia Industri, mengenalkan siswa-siswi pada pekerjaan lapangan di dunia industri dan usaha sehingga pada saatnya mereka terjun ke lapangan pekerjaan yang sesungguhnya dapat beradaptasi dengan cepat, sebagai bentuk pengakuan dan penghargaan bahwa pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan, mempersiapkan sumber daya manusia berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan di era teknologi informasi dan komunikasi terkini, serta memberikan keuntungan pada pihak sekolah dan siswa-siswi itu sendiri, karena keahlian yang tidak diajarkan di sekolah didapat di dunia usaha/industri.

Manfaat PKL bagi sekolah kata dia, adalah telah menjalankan kewajiban undang-undang, meningkatkan citra sekolah, meningkatkan hubungan sekolah dengan masyarakat, meningkatkan popularitas sekolah di mata masyarakat, memberikan kontribusi dan tenaga kerja bagi perusahaan.

Manfaat PKL bagi dunia usaha, dunia industri, dunia kerja (DUDIKA) agar lebih dikenal oleh masyarakat sekolah sehingga dapat membantu promosi produk. Kemudian, DUDIKA dapat mengembangkan proses dan atau produk melalui optimalisasi peserta PKL. Mendapatkan calon tenaga kerja yang berkualitas sesuai dengan kebutuhannya.

“Pelaksanaan PKL mulai dari tanggal 4 Agustus hingga 3 Nopember 2022. Tempat pelaksanaan PKL pada DUDIKA yang berada di Kabupaten Banggai dan sekitarnya. Jumlah peserta PKL adalah 406 siswa yang terbagi kedalam 6 kompetensi keahlian. Sumber dana pembiayaan dari BOS dan dari partisipasi orang tua siswa atau komite,” pungkasnya. RUM

Pos terkait