SIWO Tetapkan Herwin Bupati Peduli Olahraga

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA-Bupati Banggai Herwin Yatim ditetapkan sebagai Kepala Daerah Peduli Olahraga Tahun 2020, berdasarkan penilaian Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (SIWO PWI) Provinsi Sulawesi Tengah.

Ketua SIWO PWI Sulteng Setiyo Utomo ketika dihubungi Banggai Raya, Rabu (11/3/2020) mengatakan, Bupati Banggai Herwin Yatim memperoleh skor penilaian tertinggi di Sulteng, berdasarkan hasil evaluasi pembinaan olahraga dan capaian prestasi Tahun 2019.

Sebelumnya kata dia, ada tiga kepala daerah di Sulteng yang masuk nominasi, yakni Bupati Banggai, Bupati Parigi Moutong dan Bupati Poso. Namun setelah dievaluasi dan dikaji berdasarkan kinerja pembinaan, penganggaran olahraga dan capaian prestasi, Bupati Banggai dinilai meraih skor tertinggi dibanding dua kepala daerah lain.

Untuk tahun 2019 kata dia, pembinaan olahraga cukup besar dan ditopang oleh alokasi anggaran yang terbilang memadai. Dengan anggaran sekira Rp3 miliar untuk tahun 2019, Banggai terbukti mampu memperbaiki peringkat olahraga dalam ajang Porprov Sulteng di Parimo menjadi ururan ketiga, padahal pada Porprov sebelumnya di Poso, berada di urutan kelima. Capaian medali di ajang itu juga luar biasa. Prestasi olahraga juga terlihat di cabang-cabang olahraga yang cukup bagus.

Penilaian lainnya terkait dengan ketersediaan sarana olahraga yang cukup bagus, seperti arena Sudarto Sport Center yang baru diresmikan tahun lalu.

Penghargaan Bupati Peduli Olahraga untuk Herwin Yatim kata dia, rencananya akan diserahkan di Jakarta, bersama dengan belasan kepala daerah lain yang memperoleh predikat serupa. “Kemarin info dari Ketua SIWO PWI Pusat, ada belasan kepala daerah yang akan menerima penghargaan untuk kategori peduli dan penggerak, dan Banggai insha Allah masuk di dalamnya,” tuturnya melalui ponsel.

Wakil Sekretaris KONI Banggai Sugiarto Djanun yang ditemui di kantornya Rabu kemarin, mengakui bahwa prestasi olahraga Banggai memang membaik di Tahun 2019. Hal itu juga tak lepas dari dukungan Pemda Banggai melalui alokasi anggaran sebesar Rp3 miliar. “Kenaikan anggaran olahraga, jelas mempengaruhi capaian prestasi,” kata Sugiarto yang juga Kepala Sekretariat KONI Banggai itu.

Untuk Porprov Sulteng di Parimo saja kata dia, Banggai menduduki peringkat ketiga dengan jumlah 28 medali emas, 20 medali perak dan 32 medali perunggu. Hasil ini jauh lebih baik bila dibanding capaian Porprov di Poso, dimana Banggai hanya meraih 14 medali emas. Bupati Banggai Herwin Yatim kata dia, juga peduli terhadap sarana olahraga, seperti terlihat pada pembangunan Sudarto Sport Center di kawasan Persibal.

Terkait penghargaan SIWO PWI terhadap Bupati Herwin Yatim yang dinilai peduli olahraga, Sugiarto menyatakan persetujuannya. Ia bahkan mengakui, pola penilaian SIWO PWI itu juga dilakukan melalui pengecekan lapangan, seperti menggali informasi melalui KONI dan pegiat olahraga atau atlet. “Saya pikir penilaian SIWO PWI itu cukup bagus dan jadi kebanggaan untuk Kabupaten Banggai. Kami juga termasuk pihak yang dimintai pendapat oleh SIWO,” tuturnya. DAR

Pos terkait