Siswa SMPN 3 Luwuk Jalani Vaksinasi

  • Whatsapp
KEGIATAN Vaksinasi oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai di SMPN 3 Luwuk. FOTO ISTIMEWA

BANGGAI RAYA- SMP Negeri 3 Luwuk bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai melaksanakan vaksinasi bagi siswa-siswi di sekolah tersebut, pada Jumat (24/9/2021) pekan kemarin.

Sejatinya, orang tua siswa meminta kepada pihak SMPN 3 Luwuk, sebelum melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) di sekolah, agar siswa mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan ini adalah kerjasama SMPN 3 Luwuk dengan Dinas Kesehatan Banggai. Jumlah siswa kami sebanyak 890 lebih, tidak semua ikut di vaksin, mereka harus mendapatkan izin dari orang tua. Kita list per kelas itu sekira 180 lebih siswa yang akan ikut vaksinasi, tapi yang datang hanya 148 orang. Kita tidak bisa paksakan untuk di vaksin, itu tergantung dari orang tua siswa, apa mau anaknya di vaksin atau tidak. Kita hanya memidiasi. Kalau guru-guru, hampir semua sudah di vaksin, ada sekira 10 orang yang telah divaksin, sedang yang belum karena ada penyakit bawaan,” kata Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas, SMPN 3 Luwuk, Rosiana kepada Banggai Raya, di ruang kerjanya, Senin (27/9/2021).

Ia menjelaskan, SMPN 3 Luwuk tidak langsung melaksanakan kegiatan itu, tapi dikomunikasikan dengan PPKM Kelurahan Karaton, Tim PPKM Kecamatan Luwuk serta Dinas Kesehatan Banggai.

Penerapan proses belajar tatap muka telah melalui beragam tahapan. Seperti penilaian kelayakan dari Dinkes Banggai. “Mereka sudah melakukan survei, dan SMPN 3 Luwuk layak untuk dibuka. Kemudian dari Dinkes Banggai, Nurmasita Datu Adam mengecek pelaksanaan vaksinasi bagi para peserta didik. Sebenarnya vaksinasi untuk siswa tidak menjadi persyaratan mutlak, hanya sejumlah orang tua siswa yang meminta agar anak-anaknya divaksin terlebih dahulu,” cetusnya.

“Kegiatan vaksinasi di SMPN 3 Luwuk juga diikuti para orang tua siswa serta siswa dari luar SMPN 3 Luwuk. Semua vaksinasi terhadap siswa langsung diinfut oleh Dinas Kesehatan Banggai yang diwakili oleh Puskesmas Kampung Baru.  Nanti Oktober 2021 mendatang, akan dilanjutkan dengan vaksinasi tahap ke-2,” tambahnya.   Sementara itu, Kepala SMPN 3 Luwuk, Hj. Misa membenarkan penjelasan tersebut. Bahwa ini adalah kerjasama dengan Dinas Kesehatan Banggai, dan petugas Puskesmas Kampung Baru yang memberikan vaksinasi kepada siswa dan guru SMPN 3 Luwuk. (*)

Penulis: Muh Rum Lengkas

Pos terkait