Sistem Banjir Kanal Solusi Atasi Banjir Kota Luwuk

  • Whatsapp
Ridwan R. Amin

BANGGAI RAYA- Untuk menangani permasalahan banjir setiap musim penghujan dalam Kota Luwuk, Pemda Banggai disarankan untuk segera membangun sistem banjir kanal. Sistem tersebut merupakan salah satu alternatif mengurangi beban banjir di Kota Luwuk.

Demikian disampaikan Akademisi Untika dan Unismuh Luwuk, Ridwan R. Amin kepada Banggai Raya, Rabu (15/9/2021).

Bacaan Lainnya

Menurut Kepala Bidang Hubungan Industrial, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banggai ini, permasalahan banjir di Kota Luwuk, khususnya di kawasan pertokoan, Pasar Sentral Luwuk dan beberapa titik, seperti di Jalan Ahmad Yani, Jenderal Sudirman dan Muh. Hatta menjadi langganan banjir di setiap musim penghujan tiba.

Hingga saat ini belum terselesaikan, bahkan cenderung makin meningkat, baik frekwensinya, luasannya, kedalamannya, maupun durasinya. Jika dirunut ke belakang akar permasalahan banjir di perkotaan berawal dari pertambahan penduduk yang cepat, mengakibatkan kepadatan penduduk di pusat kota menjadi tinggi, dan perluasan kawasan permukiman tidak dapat dihindari.

“Hal ini pula tidak diimbangi dengan pemanfaatan lahan perkotaan menjadi acak-acakan (semrawut). Pemanfaatan lahan yang tidak tertib, inilah menyebabkan drainase di Kota Luwuk menjadi sangat kompleks. Maka Solusi untuk menanggulangi permasalahan banjir di Kota Luwuk sudah harus direncanakan Sistem Banjir Kanal,” kata RIdwan R. Amin melalui pesan WhatsApp.

Pos terkait