‘Serasa Mimpi’, Ustadz Irwan Djafar Sujud Syukur Dapat Umrah Gratis Dari Bupati

Bupati Banggai, Ir.H. Amirudin saat memberikan sambutan, dan memberikan hadiah umrah kepada Ustadz Irwan Djafar dalam Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Al Karim, Keleke. FOTO: ISTIMEWA

BANGGAI RAYA- Berkah di bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW 1444 Hijriah, Ustadz Irwan Djafar yang merupakan warga Soho, Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai mendapat hadiah Umrah gratis atau cuma-cuma dari Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin Tamoreka.

Ustadz Irwan Djafar, awalnya sempat tak menyangka dan serasa itu mimpi. Namun ketika mengetahui benar hadiah umrah itu untuknya, Ia pun begitu bahagia dan langsung sujud syukur kepada sang Khalik.

“Iya Pak, Alhamdulillah (dapat hadiah Umrah). Saya juga saat dengar penyampaikan dari beliau, macam mimpi. Saya kira bukan saya yang dimaksud. Spontan, saya langsung sujud syukur,” kata Ustadz Irwan Djafar, kepada Banggai Raya, Rabu (19/10/2022).

Pria kelahiran Gorontalo, tahun 1976 itu menceritakan bagaimana kisahnya mendapatkan hadiah umrah dari orang nomor satu di Kabupaten Banggai itu.

BACA JUGA:  Anggota DPRD Banggai Sebut Luwuk so Kotor

“Jadi Senin malam (17 Oktober) saya mendapat kepercayaan dari Panitia Peringatan Maulid Nabi sebagai pembawa tilawah pembuka acara itu. Itu pun sebenarnya, ada permintaan acara yang sama di tempat lain, tapi saya tidak terima (menolak),” kata alumni kampus hijau Unismuh Luwuk tahun 2020 itu.

Singkat cerita, ustadz yang sehari-hari bekerja sebagai pedagang kecil-kecilan yaitu tukang bubur ayam ini datang ke Masjid Al Karim. Tiba di masjid, Ia pun bertemu dengan Ketua MUI Banggai, KH Drs Zainal Abidin Alihamu MA.

“Saya sesaat ngobrol dengan beliau, habis itu datanglah rombongan Pak Bupati. Seperti biasa, saya jabat tangan dan menyapa beliau. Kemudian, acara tak lama dimulai, saya pun dipersilakan pembawa acara untuk membawakan tilawah. Selesai saya tilawah,saya ngobrol dengan Ketua MUI selaku pembawa hikmah maulid,” tuturnya.

BACA JUGA:  Awal Masuk Sekolah, SMPN 3 Luwuk Gelar Halal Bihalal

Ketika Ketua MUI Banggai, KH Drs Zainal Abidin Alihamu MA, membawakan tausiyah hikmah maulid, sempat menyampaikan tentang aktivitas keseharian Ustadz Irwan Djafar, dan belum pergi umrah ke Bupati Banggai.

“Maka saat Pak Bupati memberikan sambutan, sempat menyebut ustadz ‘ini sudah lama saya cari-cari, kurang setahun saya pelajari rekam jejaknya ini ustadz yang mengaji. Terenyu hatiku saat beliau bacakan ayat-ayat Allah. Untuk itu, saya hadiahkan Umrah dan besok segera urus Paspor’,” kata Ustadz Irwan Djafar, meniru kata-kata Bupati Banggai saat memberikan sambutan di acara maulid.

Saat Bupati Banggai menyampaikan hal itu, Ustadz Irwan Djafar sempat tak mengira bahwa yang disebut adalah dirinya. “Saya sempat mengira yang dimaksud itu Ketua MUI. Nanti beliau menyebut yang mengaji, baru sadar bahwa yang dimaksud itu saya. Spontan saya langsung sujud syukur sambil merasa macam mimpi,” ungkap Ustadz Irwan Djafar, sambil meneteskan air mata bahagia dan penuh haru.

BACA JUGA:  Naas! Lakalantas di Masama Banggai, Dua Pemotor Alami Patah Tulang

Mendapatkan hadiah Umrah yang menjadi impinan semua umat islam untuk bisa berangkat ke tanah suci, Ustadz Irwan Djafar tak luput menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT.

“Begitu selesai Pak Bupati membawakan sambutan, saya langsung salami dan mengucapkan rasa terima kasih sedalam-dalam atas bingkisan hadiah umroh kepada beliau, yang kebetulan duduk hanya bersebelahan dengan saya. Beliau menjawab, doakan kami,” tandas Ustadz Irwan Djafar. (*)

Editor: Jajad