Serahkan CSR BRI, Bupati Banggai Tekankan Upaya Penurunan Stunting

BANGGAI RAYA- Bupati Banggai Amirudin menyerahkan bantuan CSR dari BRI Cabang Luwuk, Senin (22/1/2024) di Puskesmas Simpong Kecamatan Luwuk Selatan.

Bantuan tersebut berupa paket makanan untuk bayi selama 3 bulan. Selaian itu barang lain yang disalurkan adalah antropometri kit. Seperti diketahui, antropometri kit merupakan suatu paket alat yang berfungsi untuk menilai ukuran, proporsi, dan komposisi tubuh manusia. Antropometri kit juga merupakan alat penting dalam mendeteksi stunting pada anak.

Bupati Banggai dalam sambutannya berterima kasih kepada BRI yang telah berpartisipasi untuk terlibat dalan mendukung program Pemerintah Kabupaten Banggai, yaitu pemberian bantuan CSR sekaligus dirangkaikan dengan peringatan Hari Gizi Nasional Tahun 2024 dalam bentuk program “Cegah Stunting Itu Penting”.

BACA JUGA:  Idul Adha 1445 H, Masjid An Nuur Luwuk Sembelih 11 Ekor Sapi Kurban

Bupati Amirudin menyampaikan bahwa saat ini banyak program pemerintah yang intinya menurunkan angka stunting di Kabupaten Banggai. Hal ini perlu diperhatikan, karena Pemerintah Indonesia berharap bahwa di tahun 2045 nanti, adalah merupakan Generasi Emas. Diharapkan anak-anak Indonesia tumbuh sehat dan cerdas sesuai dengan umur.

Program ini menurut bupati, dilaksanakan pemerintah daerah mulai dari tingkat desa juga, itu ada anggaran yang diperuntukkan untuk anak-anak yang kekurangan gizi. Alokasi ini juga ada di kecamatan.

Olehnya itu kata Amirudin, anak-anak kita perlu diperhatikan, karena mereka-mereka ini yang menjadi pelanjut generasi ke depan. Bupati berharap mereka bisa tumbuh dan berkembang sesuai dengan umurnya, sehingga semuanya dapat terpenuhi. Walaupun kita ketahui bahwa penyebab stunting itu bukan hanya diakibatkan oleh kekurangan gizi. Tetapi banyak hal-hal lain yang menyebabkannya, termasuk kesehatan lingkungan, dan lain-lain.

BACA JUGA:  Rayakan IdulAdha, Pekerja JOB Tomori dan Mitra Kerja Salurkan 29 Ekor Hewan Qurban

“Termasuk para ibu-ibu, agar tetap cantik, dia jarang menyusui anaknya. Padahal ASI itu adalah kebutuhan utama,” ujarnya. Oleh sebab itu, dengan adanya Hari Gizi Nasional yang akan kita peringati nanti, kita berharap semua orang-tua ini, betul-betul memperhatikan gizi dari anak-anaknya.

Kadis Kesehatan Kabupaten Banggai dr. I Wayan Suartika, dalam sambutan singkatnya menyatakan atas nama Dinas Kesehatan mengucapkan terima-kasih kepada BRI Cabang Luwuk. Mudah-mudahan dengan bantuan ini, dapat menurunkan angka stunting, khususnya wilayah kerja Puskesmas Kecamatan Simpong, salah-satu Puskesmas yang meraih Akreditasi Paripurna.

BACA JUGA:  Rayakan IdulAdha, Pekerja JOB Tomori dan Mitra Kerja Salurkan 29 Ekor Hewan Qurban

Menurut Wayan Suartika, akreditasi ini menjadi pengakuan terhadap mutu pelayanan faskes tingkat pertama. Akreditasi paripurna merupakan predikat hasil penilaian tertinggi. Predikat ini menurutnya, diberikan berdasarkan penilaian terhadap manajemen mutu dan keselamatan pasien yang diterapkan di faskes tingkat pertama.

Sementara itu Consumer Banking Manager BRI Cabang Luwuk Jacqueline C. Wuysang di awal kegiatan menyebutkan, ini dilakukan pihak BRI dalam rangka mendukung program pemerintah dalam menurunkan angka stunting.

Turut hadir pada kegiatan ini Kabag Prokopim Setda Kabupaten Banggai, Camat Luwuk Selatan, Kepala Puskesmas Simpong dan jajarannya dan para orang-tua anak yang mendapatkan pelayanan bantuan serta para pemerhati kesehatan lainnya. (*)