Sepekan Operasi Tinombala di Luwuk, 677 Pengendara Kena Teguran

Selama sepekan pelaksanaan Operasi Patuh Tinombala tahun 2023, ratusan pengendara baik motor maupun mobil kena tegur. FOTO: IST

BANGGAI RAYA- Selama sepekan pelaksanaan Operasi Patuh Tinombala tahun 2023, ratusan pengendara baik motor maupun mobil kena tegur. Bahkan tercatat, sebanyak 677 teguran telah diberikan Polres Banggai kepada ratusan pengendara.

Hal itu diungkapkan Kasat Lantas Polres Banggai AKP I Made Bagus Aditya, melalui pers rilisnya Senin 17 Juli 2023.  “Kami mencatat sebanyak 677 teguran diberikan kepada pengendara di jalan,” ungkap AKP I Made Bagus Aditya.

BACA JUGA:  Wisatawan Asal Jakarta Tujuan Danau Ubur-Ubur Bokan Kepulauan Karam di Perairan Matanga

Teguran ini diberikan lantaran para pengendara tidak patuh berlalu lintas diantaranya, tidak memakai helem, tidak memasang kaca spion dan TNKB serta tidak memakai sabuk pengaman.

“Tujuan operasi ini adalah untuk menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan lalu lintas dan angka fatalitas, serta meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas,” jelasnya.

BACA JUGA:  Naik Turunnya Keuangan Syariah: Refleksi Ketidaksempurnaan

Tak hanya teguran, petugas juga sudah membagikan ribuan leaflet dan ratusan stiker himbauan tertib nerlalu lintas kepada pengguna jalan. “Untuk leaflet yang dibagikan sebanyak 1.404 lembar dan stiker 957 lembar,” bebernya.

BACA JUGA:  Rayakan Iduladha 1445 Hijriah, DSLNG Berbagi Kurban 17 Ekor Sapi

Dalam operasi tersebut, Polres Banggai melakukan pendekatan berbeda di antaranya dengan memprioritaskan sosialisasi, imbauan, serta edukasi tertib berlalu lintas kepada pengemudi kendaraan umum, seperti ojek online (Ojol), taksi, dan angkutan umum lainnya.

“Harapan kami disiplin masyarakat maupun pengguna jalan semakin meningkat,” harapnya. (*)

Pos terkait