Sepekan Lagi, Sensus Penduduk Online Berakhir

  • Whatsapp

BARU 12.147 KK UPDATE DATA SECARA MANDIRI

BANGGAI RAYA– Pelaksanaan Sensus Penduduk (SP) Online 2020, tinggal menyisakan waktu satu minggu lagi, yang akan berakhir pada 31 Maret 2020. Hingga Selasa kemarin, jumlah kepala keluarga (KK) yang telah meng-update  datanya secara mandiri baru mencapai 12.147 KK.

Mengingat waktu tinggal sepekan lagi, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Banggai, Ir. Muhammad Said M.Si., mengimbau kepada masyarakat yang belum melakukan sensus online, untuk segera meng-update datanya secara mandiri melalui link sensus.bps.go.id.

Melihat progres masyarakat yang melakukan sensus online, Muhammad Said mengaku pesimis target 23.672 atau 22 persen dari 104 ribu keluarga di Kabupaten  Banggai dapat tercapai.

“Sepertinya masyarakat Kabupaten Banggai kurang merespon terhadap program nasional ini (SP Online),” cetus Muhammad Said kepada Banggai Raya, Selasa (24/3/2020) melalui pesan WhatsApp.

Padahal untuk mencapai target yang telah ditetapkan dari pusat, pihaknya telah melakukan berbagai upaya. Mulai dari sosialisasi hingga memberikan pendampingan langsung dalam pengisian data kepada masyarakat di desa-desa.

RESPON MASYARAKAT RENDAH

Namun, respon masyarakat di Kabupaten Banggai ini masih terbilang sangat rendah. Sehingga untuk mencapai target itu, Said merasa sangat sulit. “Sepertinya susah bisa dapat 23.672 KK,” tuturnya.

Jika sampai tanggal 31 Maret 2020 ini masyarakat belum juga melakukan sensus penduduk secara online, maka BPS Banggai akan melakukan sensus secara menual atau wawancara langsung. Sensus menual itu akan dilakukan pada bulan Juli 2020 mendatang. “Iya betul, nanti Juli kami akan masuki (yang belum update data secara mandiri di SP Online) dengan door to door,” tutupnya. JAD

Pos terkait