Sepeda Motor Kini Gunakan Plat Warna Putih

BANGGAI RAYA- Sejumlah kendaraan bermotor, termasuk kendaraan roda dua di wilayah Kabupaten Banggai mulai menggunakan plat nomor berwarna putih. Perubahan warna plat nomor menjadi warna putih sudah diluncurkan pada tahun 2022.

Sesuai dengan Perpol Nomor 7 Tahun 2021, Pasal 45 Ayat 1 a, bahwa TNKB kendaraan bermotor perseorangan, perwakilan negara asing, badan hukum, serta badan internasional memakai plat berwarna dasar putih dengan tulisan berwarna hitam.

“Untuk informasi penggunaan plat putih belum diberlakukan untuk daerah Sulawesi Tengah, karena bahan untuk plat hitam masih banyak khusus yang mobil, kalau motor sudah menggunakan plat putih,” kata Kepala Seksi Penetapan dan Penagihan, Kantor Bersama Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Wilayah V Provinsi Sulawesi Tengah, Yaptho K. Mamonto, SH, M.Si kepada Banggai Raya, Selasa (13/6/2023).

BACA JUGA:  Tambah 2 Tahun, 250 Kades dan 1.400 Anggota BPD di Banggai Segera Dikukuhkan, Ini Jadwalnya!

Menurut dia, plat nomor atau nomor polisi tersebut merupakan identitas wajib bagi setiap kendaraan yang ada di Indonesia. Semua kendaraan bermotor dan digunakan di jalan raya, wajib memasang tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB).   

Ia mengatakan, tidak semua kendaraan bisa menggunakan plat nomor baru warna putih tersebut, hanya dikhususkan untuk kendaraan tentu saja. Plat nomor hitam masih tetap berlaku dan sah untuk digunakan sampai masa berlakunya habis.

BACA JUGA:  Dukung Penanganan Stunting, Pertamina EP DMF Berikan Bahan Pokok Penting untuk Balita Risiko Stunting

“Untuk menggantikan plat hitam ke putih, saat sudah ganti STNK yang 5 tahun. Untuk di Luwuk, kalau motor itu sudah dari bulan Oktober tahun kemarin. Untuk yang kendaraan baru dan kendaraan perpanjang STNK 5 tahun,” tuturnya.

Kemudian kata dia, setiap pembelian kendaraan baru, otomatis akan mendapatkan plat nomor baru. Khusus kendaraan baru pembelian tahun 2022, sudah mendapatkan plat nomor berwarna putih.

BACA JUGA:  Tambah 2 Tahun, 250 Kades dan 1.400 Anggota BPD di Banggai Segera Dikukuhkan, Ini Jadwalnya!

Begitu juga lanjut Yapto, saat perpanjangan STNK 5 tahunan, otomatis plat nomor juga harus ganti ke plat nomor baru. Plat nomor berwarna hitam yang sudah tidak berlaku lagi, akan diganti ke plat nomor baru berwarna putih.

“Walaupun plat nomor putih sudah sah untuk digunakan, tetapi masyarakat jangan langsung mengubah plat nomor menjadi putih, terutama kendaraan yang belum waktunya diganti, masih bisa menggunakan plat nomor hitam,” imbaunya. RUM