Senator Senayan Dorong Banggai Brother Jadi Lumbung Ikan Nasional

  • Whatsapp
KETUA Komisi I, DPRD Banggai, Irwanto Kulap bersama anggota DPD RI asal Sulteng, Muhammad Jarudin Wartabone di agenda kunjungan kerjanya di Kabupaten Banggai. FOTO: ISTIMEWA

BANGGAI RAYA- Senator Parlemen Senayan, asal Sulteng, Dr. Muhammad Jarudin Wartabone, SH., MH., mendorong tiga kabupaten bersaudara atau yang dikenal Banggai Brother, yakni Banggai, Banggai Laut dan Banggai Kepulauan menjadi lumbung ikan nasional.

“Ini perlu kita dorong sebagai penyanggah Ibu Kota Baru (IKN) di Kalimantan,” kata Muhammad J Wartabone di sela-sela kunjungan kerjanya di Kabupaten Banggai yang berlangsung di Graha Pemda Banggai, Rabu (11/5/2022).

Bacaan Lainnya

Konsep Banggai Bersaudara sebagai lumbung ikan nasional sebelumnya pernah diajukan, namun konsep rencana pembangunan jangka menengah daerah atau RPJMD yang disodorkan ke pemerintah pusat, belum sesuai standar atau belum berkesesuaian dengan program nasional.

“Saya pernah bincang-bincang dengan Kepala Bappenas terkait konsep menjadikan Banggai Bersaudara sebagai lumbung Ikan nasional. Hanya saja RPJMD yang disodorkan belum memenuhi standar. Program itu pun dialihkan ke daerah lain yang tentunya telah memenuhi persyaratan itu,” terangnya.

Namun begitu, ia pun tetap optimis bahwa harapan itu akan terwujud, melalui komunikasi intens yang dibangun bersama pemerintah daerah di tiga Kabupaten Banggai, Bangkep dan Balut.

“Program ini kita terus dorong dalam upaya menggenjot kesejahteraan masyarakat di Banggai Bersaudara. Pemda pun harus melengkapi syarat yang ditetapkan pemerintah pusat. Saya pun akan mengawalnya,” ungkap dia.

DPRD Banggai memfasilitasi kunjungan kerja anggota DPD-RI, Muhammad Jarudin Wartabone.

Pertemuan masyarakat bersama senator Dapil Sulteng yang pernah menjadi anggota DPRD Kota Palu beberapa periode asal Partai Golkar ini dipusatkan di Graha Pemda, Luwuk dengan tema Silaturahim Santri Mengabdi untuk Sulteng serambi Haramain (Serambi Mekkah dan Madinah), Pengawasan Pelaksanaan Undang-Undang dan Memperjuangkan Aspirasi Pemerintah Daerah.

Mewakili unsur pimpinan DPRD Banggai, Ketua Komisi I Irwanto Kulap, mengatakan, terkait kunjungan kerja anggota DPD MPR-RI, ada sejumlah poin yang dibahas.

Pertama, sosialisasi hasil seminar nasional Islam tertua Nusantara Indonesia oleh Imam Sya’ban 168H/792 M di Banggai Sulawesi Tengah.

Kedua, sosialisasi Undang-Undang Nomor 3 tahun 2022 tentang ibu Kota Negara (IKN).

Ketiga, Peraturan Pemerintah No. 12 tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah terkait Dana Hibah.

“Agenda ini sangat penting untuk kita ketahui bersama. Apalagi terkait posisi Kabupaten Banggai sebagai penyangga Ibu Kota baru. Tentunya akan membawa manfaat yang besar bagi masyarakat Kabupaten Banggai,” tutur Irwanto.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Banggai, Fery Sudjarman, mengapresiasi suksesnya agenda kunjungan kerja DPD MPR-RI yang difasilitasi DPRD Banggai.

“Terima kasih teman teman sekretariat DPRD yang luar biasa, membantu menyukseskan kegiatan ini. Banyak hal informasi yang akan ditindaklanjuti pemerintah daerah sesuai pembahasan tadi,” ujar Sekwan Fery Sudjarman. (*)

Penulis: Sutopo Enteding/*