Seleksi Calon Anggota Bawaslu Banggai Segera Dibuka

BANGGAI RAYA-Masa keanggotaan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Banggai yang akan berakhir beberapa waktu ke depan, harus segera diisi kembali demi menyongsong pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

Karenanya, Bawaslu Sulteng telah membentuk Tim Seleksi Calon Anggota Bawaslu untuk seluruh kabupaten/kota. Dalam pelaksanaannya, tim seleksi dibagi dalam 3 zona, dan Kabupaten Banggai masuk dalam zona III bersama Kabupaten Bangkep, Balut dan Tojo Una-Una.

BACA JUGA:  Peringati 10 Muharam, Kemenag Bersama Baznas Banggai Gelar Lebaran Yatim

Untuk tahap awal, Timsel melakukan sosialisasi terkait penerimaan calon anggota Bawaslu Banggai pada Rabu (24/5/2023) di Luwuk, dihadiri sejumlah elemen dari perguruan tinggi, organisasi kemasyarakatan, wartawan dan tokoh masyarakat.

Ketua Bawaslu Banggai Saiful Saide mengatakan, lembaganya diminta untuk memfasilitasi pelaksanaan kegiatan Timsel. Rekrutmen berlaku untuk umum, sesuai persyaratan yang ditetapkan Timsel.

BACA JUGA:  DPRD-Bupati Banggai Sepakati KUA PPAS Tahun 2025

“Kegiatan ini harus disosialisasikan semua elemen agar proses seleksi menghasilkan komposisi Bawaslu yang berintegritas.
Anggota Bawaslu Banggai yang lama, bisa kembali terpilih dan bisa juga tidak terpilih,” ujarnya.

Sementara Anggota Timsel Bawaslu Zona III (Banggai, Banggai Kepulauan, Banggai Laut dan Tojo Una-una) Dr Hamdin mengatakan bahwa seleksi calon anggota Bawaslu Banggai, diperuntukkan bagi warga yang berminat.

BACA JUGA:  Pastikan Kesiapan Pilkada, Badan Kesbangpol Banggai Gelar Rapat Evaluasi

Proses penerimaan pendaftaran dimulai pada 29 Mei 2023-7 Juni 2023.

Berbagai pihak yang hadir dalam sosialisasi itu berharap, proses seleksi berjalan sesuai aturan, transparan dan berintegritas, agar Anggota Bawaslu Banggai yang terpilih juga berintegritas dan berdedikasi tinggi guna mewujudkan pemilu yang demokratis. DAR

Pos terkait