Selamat! Mahasiswa FKIP Untika Juara 1 Tingkat Nasional Lomba Video Pembelajaran Matematika

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Prestasi membanggakan diraih mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tompotika (Untika) Luwuk.

Ia adalah Sukriyanto J Laminda, mahasiswa semester akhir yang berhasil meraih juara satu dalam ajang Lomba Video Pembelajaran Matematika tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Institut Agama Islam Negeri Batusangkar, Sumatera Barat.

Bacaan Lainnya

Prestasi ini, tentunya sangat membaggakan. Betapa tidak, Sukriyanto mampu menjuarai lomba video tersebut dan mengalahkan 60-an peserta dari 51 universitas se Indonesia yang diselenggarakan pada 25 September dan 2 Oktober 2021.

Dalam lomba video ini dinilai oleh juri Dr. Andi Mulawakkan Firdaus dan Adam Mudinilah. Ada tiga indikator atau Juknis dalam penilaian di babak final. Yaitu pertama Proses dan Hasil Video berbobot 55 persen, Presentasi berbobot 30 persen, dan like video youtube peserta berbobot 15 persen.

Berdasarkan tiga indikator penilaian itu, Sukriyanto J Laminda asal Untika Luwuk yang masuk lima besar berhasil menjuarai Lomba Video Pembelajaran Matematika tingkat Nasional tersebut. Dengan perolehan nilai masing-masing yaitu 97, 93,5 dan 83 dengan total rata-rata 93,85.

Untuk juara dua, diraih oleh Wiladahtul Fitri asal IAIN Batusangkar dengan nilai 88,50 dan juara tiga ditempati oleh Diah Wulandari asal Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa dengan nilai 87,15.

Diketahui, dalam Babak Penyisihan diikuti 68 peserta yang tersebar dari 51 universitas se Indonesia. Kemudian, di babak final menyisakan lima peserta diantaranya adalah mahasiswa FKIP Untika Luwuk.

Setelah bersaing ketat, Sukriyanto J Laminda berhasil menjuarai Lomba Video Pembelajaran Matematika Tingkat Nasional tersebut. Dan ini menjadi suatu kebanggaan bagi kampus biru maupun Sukriyanto sendiri.

Berhasil meraih juara, Sukriyanto J Laminda tentunya menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada semua pihak, baik fakultas maupun pimpinan universitas yang telah mensupport. Capain prestasi ini, menjadi dedikasinya di semester akhir sebelum nantinya diwisuda.

Plt. Rektor Untika Luwuk, Taufik Bidullah menyambut bahagia dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas capaian Sukriyanto J Laminda yang meraih prestasi nasional sebagai juara satu di lomba video pembelajaran Matematika tingkat nasinal.

Hal ini kata dia, bukti bahwa mahahasiswa kampus biru memiliki kemampuan dan kreativitas yang sangat kompetitif bahkan bisa bersaing di kancah nasional.

“Kemampuan dan kreativitas ini sudah pasti tumbuh dan berkembang pesat berkat peran aktif, terutama para dosen. Sehingga berharap semua dosen dan kita civitas akademika Untika Luwuk untuk terus meningkatkan ikhtiar dalam mengembangkan segala kemampuan dan kreativitas yang dimiliki baik akademik maupun non akademik dalam misi Tri Dharma Perguruan Tinggi,” tandasnya.

Sementara itu, Dekan FKIP Untika Luwuk, Dr. Suhartini Salingkat juga menyampaikan rasa syukur yang tidak terhingga kepada Allah SWT atas prestasi yang diraih mahasiswanya, Sukryanto dalam lomba Video Pembelajaran Matematika tingkat nasional.

“Selaku Dekan saya mengucapkan selamat dan salut kepada ananda Sukriyanto dan Kaprodi serta Dosen Pembimbing atas keberhasilan dalam Lomba Vidio Pembelajaran Matematika tingkat Nasional dengan meraih nilai tertinggi dari semua peserta,” ungkapnya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Ketua Prodi Matematika bersama semua dosen, khususnya dosen pembimbing yang telah memberikan dukungan dan bimbingan selama ini. Sehingga, Sukriyanto berhasil menjuarai lomba tersebut. (*)

Penulis: Jajad Sudrajad

Pos terkait