Selamat! Empat Mahasiswa Prodi Biologi UMLB Lulus Program Pertukaran Mahasiswa

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Capaian prestasi luar biasa dan membanggakan kembali dipersembahkan Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai (UMLB).

Betapa tidak, empat mahasiswa di prodi tersebut berhasil lulus dalam program pertukaran mahasiswa merdeka (PPM) yang didanai Pemerintah dalam hal ini Kemendikbud Ristek Dikti.

Bacaan Lainnya

Empat mahasiswa yang berhasil lolos dalam program pertukaran mahasiswa yakni pertama Gusti Alfisar Hj. Patta. Ia akan mengikuti program pertukaran mahasiswa di Universitas Khairun, Ternate.

Berikutnya, Hasriati Dasimu. Selama satu semester, Ia juga bakal kuliah di Universitas Khairun.

Ketiga, Agista B Agual. Untuk Agista, mendapatkan kesempatan untuk kuliah selama satu semester di universitas ternama Banda Aceh. Yakni Universitas Samudra.

Terakhir, satu mahasiswi lainnya yang juga lolos dalam program pertukaran mahasiswa merdeka ini adalah Siti Aisa Tiah.

Nantinya, keempat mahasiswa ini akan dibiayai mulai dari SPP, uang bulanan, transportasi hingga uang pulsa data semuanya akan ditanggung penuh pemerintah. Luar biasa!

Selama satu semester, empat mahasiswa ini akan menimba ilmu di kampus yang dituju tersebut.

“Alhamdulillah, empat mahasiswa kami (Prodi Biologi) lolos dalam ajang pertukaran mahasiswa merdeka. Untuk Siti Aisa, belum terbuka linknya. Tapi sudah dipastikan lolos,” ungkap Ketua Prodi Biologi UMLB, Wahyudin Abd Karim kepada Banggai Raya, Rabu pagi (6/7/2022) via pesan WhatsApp.

Ia menjelaskan, program pertukaran mahasiswa ini merupakan program unggulan Kemendikbud Ristek. Di mana Pemerintah memfasilitasi mahasiswa untuk mengikuti pertukaran pelajar pada perguruan tinggi di Indonesia.

“PMM ini merupakan program dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  Indonesia Bapak Nadiem Makarim sebagai implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” jelasnya.

Program MBKM ini kata Wahyudin Abd Karim, untuk mencetak mahasiswa menjadi sarjana yang unggul dan siap menjadi pemimpin di masa depan.

Pertukaran mahasiswa ini adalah sebuah program yang dapat membuka kesempatan emas bagi mahasiswa untuk memperluas kapasitas wawasan dan daya saing di dunia nyata sesuai bidang keilmuannya masing-masing.

Ciri dari program pertukaran sebut Kaprodi Wahyudin Abd Karim, pertama memberikan esensi proses pembelajaran bagi mahasiswa bahwa sebuah proses belajar dapat terjadi di manapun. Belajar tidak hanya di ruang kelas, laboratorium maupun di lingkungan kampus semata.

“Maka dari itu, kami dari Program Studi Pendidikan Biologi sangat bangga kepada mahasiswa yang sudah lolos, semoga ini memberikan stimulus kepada mahasiswa lainnya untuk bisa mengikuti program ini,” harapnya.

Kemudian Ia berharap, ini juga bisa menjadi salah satu faktor menjadikan Biologi kian diminati bagi pelajar untuk bisa masuk di prodi tersebut.

“Kami juga berharap, ini bisa menambah menambah jumlah mahasiswa baru yang masuk di Prodi Biologi,” harapnya. (*)

Editor: Jajad Sudrajad

Pos terkait