Selamat! Aksabul dan Rahayu Terpilih Ketua ADIB’s Ponpes Daarul Hikmah Luwuk

BANGGAI RAYA- Selama empat hari sejak tanggal 24-27 Januari, Ponpes Daarul Hikmah Luwuk sukses melangsungkan Musyawarah Besar ADIB’s ke VII tahun 2024. Musyawarah Besar ini, dalam rangka pemilihan pengurus baru, baik  ADIB’s putera maupun putera.

Dalam Mubes ini, Ponpes Daarul Hikmah Luwuk mengemas seperti pemilihan umum. Para Santri begitu antusias, menggunakan hak suaranya, untuk memenangkan jagoannya.

Pemilihan ADIB’s putera maupun puteri ini diikuti masing-masing tiga calon atau kandidat.Untuk calon dari ikhwan diikuti oleh Afdal Ahmad, Aksabul Kahfi dan Afdal Risal Achmad. Sementara calon dari akhwat atau puteri diikuti oleh Rahayu R. Usman, Yusma Andini dan Ikrimah Aprilia.

BACA JUGA:  Peringati 10 Muharam, Kemenag Bersama Baznas Banggai Gelar Lebaran Yatim

Pemilihan Ketua ADIB’s Ponpes Daarul Hikmah Luwuk periode 2024-2025 ini berhasil dimenangkan Aksabul Kahfi untuk putera dan Rahayu R. Usman untuk puteri.

Kepala Madrasah Aliyah Ponpes Daarul Hikmah Luwuk, Febriancu Nasulili S.Pd., menjelaskan bagaimana proses berlangsungnya Mubes ini.

Prosesnya melalui sidang-sidang Pleno, mulai dari siang pleno 1 pembacaan Tatib Musyawarah, Pleno 2 LPJ dan sidang komisi-komisi, dan sidang pleno 3 yang langsung diambil alih oleh Panitia Pemilihan sebagai bagian dari tahapan dan proses pemilihan.

Musyawarah Besar ADIBS ke-VII tahun 2024 ini dimulai dari tanggal 24 – 27 Januari 2024 bertempat di Pondok Pesantren Daarul Hikmah Luwuk

Qimas Ratuwipa Salam, Ketua Umum Adibs Putri 2023/2024 atau demisioner menyampaikan rasa syukur karena semua rangkaian Permusyawaratan telah selesai. “Selamat kepada  Rahayu. R Usman yang baru terpilih,” ucap Qimas.

BACA JUGA:  Dwi Sucipto Sampaikan Progress 4 PSN Migas, Investasi Capai Rp487 Triliun

Kemudian, Muh. Yazid Ath-thawali Ketua Adibs Ikhwan 2023/2024) mengatakan, kepengurusan dalam ADIB’s ini sebuah pengabdian yang terbilang singkat untuk pesantren. “Semoga selesai ini (menjadi pengurus adibs demisioner-red) bisa terus memberikan kontribusi yang banyak untuk Daarul Hikmah,” katanya.

Ustadz Febriancu Nasulili, S.Pd., menambahkan, tahapan pencalonan Ketua ADIBS dimulai dengan tahapan pemberkasan dan tes.

“Untuk menjadi Calon Ketua Umum ADIB’s ada beberapa persyaratan khusus yang harus terpenuhi antara lain,” ucapnya.

Nah, para calon Ketua ADIBS Ponpes Daarul Hikmah Luwuk ini harus memiliki hafalan Al-Qur’an paling kurang 8 Juz dan Hadits minimal 25 Hadits lengkap matan dan sanadnya.

BACA JUGA:  Presiden PKS Instruksikan Kader Menangkan Sulianti Murad di Pilkada Banggai

Tidak hanya itu saja, para calon atau kandidat juga wajib memiliki kemampuan bahasa asing yaitu Arab dan Inggris.

Sementara itu, Pimpinan Ponpes Daarul Hikmah Luwuk, KH. Muhammad Muadz, Lc., M.H.I., menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telak ikut membantu dan menyukseskan acara Musyawarah ini.

“Tentu saja ucapan terima kasih secara terkhusus kepada Adibs periode 2023/2024 yang telah dimisioner, semoga Allah SWT membalas dengan balasan yang lebih baik atas seluruh kerja-kerja antum dan antunna selama ini,” tandasnya. (*)

Pos terkait