Selain Ingatkan Soal Iuran, Kader JKN Juga Edukasi Peserta Tentang Pentingnya JKN

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Menjadi Kader JKN yang merupakan bagian dari BPJS Kesehatan sudah dijalani Widhiyanti (35) sejak bulan Maret tahun 2021.

Wanita yang tinggal di Ampana, Kab Tojo Una-una ini merupakan salah satu Kader JKN yang berada di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Luwuk.

Bacaan Lainnya

Bukan hanya bertugas untuk mengingatkan dan membantu proses pembayaran iuran peserta, Widy juga sangat antusias dalam memberikan sosialisasi dan edukasi kepada para peserta BPJS Kesehatan yang menjadi binaan Kader JKN.

“Menjadi Kader JKN itu gampang-gampang susah, yang penting ada niat dan kemauan dulu, semuanya pasti lancar,” ujar Widy sesuai melaksanakan kunjungan ke salah satu rumah peserta pada Jumat, (09/09/2022).

Sebagai Kader JKN, Ia terlebih dahulu harus paham tentang program JKN, agar dirinya mampu menjelaskan informasi secara tepat kepada para peserta binaannya.

Memberikan informasi tentang batas waktu pembayaran, informasi tentang kanal pembayaran, informasi tentang denda pelayanan, mengedukasi peserta untuk melunasi tunggakan, menawarkan pembayaran iuran dimuka, membantu melakukan pembayaran melalui Aplikasi PPOB dan memberikan struk/bukti pembayaran kepada peserta merupakan tugas dari Kader JKN yang dijalaninya sehari-hari.

“Yang harus diingat, kader JKN tidak diperbolehkan menerima pembayaran tanpa memberikan bukti transaksi ke peserta,” jelas Widy.

Pos terkait