Sektor Usaha Terapkan Protokol Kesehatan

  • Whatsapp
BANGGAI IKUTI INOVASI PENANGANAN COVID-19

BANGGAI RAYA- Kabupaten Banggai mengikuti lomba inovasi penanganan penyebaran Covid-19 yang dilaksanakan oleh Kemendagri. Kegiatan itu dimaksudkan oleh Kemendagri untuk mendorong setiap daerah agar menciptakan dan menerapkan model inovasi dalam rangka pelaksanaan tatanan kehidupan baru atau New Normal yang produktif dan aman Covid-19.

Khusus untuk Kabupaten Banggai, akan mengikuti kategori sektor pasar modern termasuk supermarket dan minimarket, dengan perwakilan yakni Toko Golden Hill Luwuk sebagai pesertanya.

Guna melihat persiapan yang dilakukan toko swalayan itu, Wakil Bupati Banggai Mustar Labolo melakukan kunjungan kerja pada Rabu (3/6/2020).

Wabup yang didampingi Kadis Perdagangan Hasrin Karim, Kadis Kominfo Hasanudin Idris dan sejumlah pejabat lain, mengamati langsung persiapan yang dilakukan toko tersebut dan mengikuti protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19.

Di bagian luar toko, setiap pengunjung akan diwajibkan untuk cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir, kemudian saat masuk akan dicek suhu tubuh, dan di dalam ruangan akan diatur agar setiap pengunjung bisa menjaga jarak. Pengunjungpun diwajibkan menggunakan masker. Bahkan setiap gerai di dalam toko itu dibatasi dengan plastik tembus pandang, guna memastikan adanya jarak antar setiap orang.

Penyelenggaraan lomba inovasi daerah Ini dimaksudkan untuk mendorong daerah menciptakan dan menerapkan model inovasi dalam rangka pelaksanaan tatanan kehidupan normal baru, produktif dan aman Covid19.

Tujuan penyelenggaraan lomba inovasi adalah mendorong gerakan nasional pelaksanaan protokol Covid-19, membangun kehidupan masyarakat kembali produktif, membangun kembali kehidupan ekonomi dan aktivitas bisnis, menyiapkan prakondisi penerapan protokol kesehatan Covid-19 secara masif oleh pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota, serta menciptakan situasi kondusif di lapangan dengan penerapan new normal life dan memperoleh model protokol Covid-19. Hal terpenting juga adalah pencegahan penyebaran Covid=19 melalui protokol kesehatan yang dibuat oleh pemerintah.

Adapun sektor dan klaster yang dilombakan terdiri dari pasar tradisional, pasar modern/mall termasuk supermarket dan minimarket, restoran termasuk cafe, rumah makan, warung makan, warung kopi dan sejenisnya, hotel termasuk villa, penginapan wisma losmen, PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) dan empat wisata serta transportasi umum.

Bupati Banggai Herwin Yatim, bersama Wakil Bupati Mustar Labolo sangat mendukung dan mensuport seluruh organisasi perangkat daerah untuk menciptakan inovasi terbaik dalam penanganan Covid-19. Harapannya, dengan inovasi yang diciptakan oleh perangkat daerah tersebut dapat memberikan asas manfaat bagi masyarakat Kabupaten Banggai. DAR/*

Pos terkait