Sejumlah Warga Siuna Blokade Jalan Akses PT. Anugrah Bangun Makmur

BANGGAI RAYA- Sedikitnya 10 masyarakat Desa Siuna, Kecamatan Pagimana, menutup atau memblokade akses jalan menuju PT. Anugrah Bangun Makmur, Senin (22/5/2023) sekitar pukul 09.00 Wita.

Menurut Kapolsek Pagimana AKP Makmur, SH, bahwa pemalangan jalan ini karena jalan tersebut telah rusak dan belum ada tanggapan dari pihak perusahaan untuk perbaikan.

BACA JUGA:  Naas! Lakalantas di Masama Banggai, Dua Pemotor Alami Patah Tulang

“Bahwa PT. ABM hanya pinjam pakai jalan tani (kantong produksi) milik Desa Siuna yang digunakan untuk akses menuju lokasi kantor Perusahaan,” sebutnya.

Polsek Pagimana yang mendapatkan laporan, langsung menuju TKP dan melakukan koordinasi dengan Koordinator Lapangan aksi Alaman Pida Koke (50) dengan pihak perusahaan PT. ABM yakni Jadi Harjono.

BACA JUGA:  Anggota DPRD Banggai Sebut Luwuk so Kotor

“Hal ini kami lakukan agar tidak terjadi aksi yang tidak diinginkan. Hingga saat ini jalan tersebut masih ditutupi oleh palang,” ungkap Kapolsek.

Lanjut AKP Makmur, pihak perusahaan PT. ABM seyogyanya menggunakan jalan alternatif jalan kantong produksi milik desa dengan ketentuan melakukan perawatan jalan serta memberikan bantuan kepada petani berupa pupuk dan kawat duri.

BACA JUGA:  Harga Gas Elpiji Tembus Rp60 ribu, Akademisi : Pemda Harus Tegas Pada Pangkalan

Namun saat ini PT. ABM belum menggunakan akses jalan tani tersebut, melainkan melewati jalan perusahaan sawit milik PT. KLS.

“Rencananya, Selasa (23/5/2023) di Desa Siuna, Pagimana akan dilakukan rapat antara warga dengan pihak perusahaan,” tandasnya. (*)

Pos terkait