Sejumlah Masjid di Banggai Tetap Gelar Salat Jumat

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA– Sejumlah Masjid di Kabupaten Banggai masih tetap melaksanakan ibadah salat Jumat berjemaah di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19, Jumat (27/3/2020).

Padahal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Banggai telah menerbitkan imbauan kepada umat Islam untuk sementara waktu tidak menyelenggarakan Salat Jumat di masjid dan menggantikannya dengan Salat Zuhur berjemaah di rumah masing-masing.

Bacaan Lainnya

Salah satu masjid yang masih melaksanakan Salat Jumat yaitu Masjid Baiturrahim, Kelurahan Bungin, Kecamatan Luwuk. Adapun yang menjadi khotib dalam Salat  Jumat di masjid tersebut yakni Ustad Jumahir S.Ag., M.Pd., MM.

Dilansir dari laman akun facebook Sahraen Sibay, Ustad Jumahir dalam khutbanya menyampaikan  bawah Virus Corona merupakan salah satu cobaan yang datangnya dari Allah SWT, agar umat Islam selalu intropeksi diri sekaligus menjaga kebersihan, karena kebersihan sebagian dari iman.

Ustad Jumahir pun mengungkapkan bahwa dirinya, tetap menjunjung tinggi dan menghormati serta menghargai edaran dan himbauan pemeritah daerah, pemerintah pusat dan MUI. Namun sebagai umat yang beragama dan beriman kata dia, tak perlu takut. Tetapi tetap berupaya dan berikhtiar semaksimal mungkin untuk mencegahnya.

Di akhir khutbahnya, Wakil Dekan I Fakultas Agam Islam (FAI) Unismuh Luwuk itu mengajak kepada jemaah Salat Jumat untuk berdoa bersama di bulan syahban ini. Semoga dipertemukan dengan bulan Ramadhan yang akan datang serta berdoa agar terhindari dari ancaman Virus Corona yang telah melanda semua negara di belahan dunia termasuk Indonesia. JAD