Segera Alokasikan Anggaran Tangani Corona!

  • Whatsapp
Irwanto Kulap

BANGGAI RAYA– Pascaterbitnya Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri Nomor 440/2622/SJ, tentang pembentukan gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 alias Virus Corona, disikapi anggota DPRD Banggai, Irwanto Kulap.

Menurut Irwanto Kulap, SE Mendagri itu harus ditindaklanjuti eksekutif dalam hal ini Bupati Banggai selaku ketua gugus tugas dengan mengajak semua pihak atau stackeholder, termasuk DPRD Banggai untuk duduk bersama.

Bacaan Lainnya

SE Mendagri nomor 440 itu bisa menjadi dasar Pemda Banggai dalam mengambil langkah-langkah strategis, khususnya dalam mempersiapkan anggaran penanganan Covid-19. Pasalnya,dalam surat itu jelas, bahwa pembebanan anggaran percepatan penanganan Covid-19 dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Perlu langkah-langkah berani dengan melibatkan unsur Forkopimda. Olehnya, mari kita duduk bersama untuk menindaklanjuti surat edaran itu.Libatkan Forkopimda guna mengambil langkah strategis. Banyak hal yang bisa dilakukan.Pemda harus berani melakukan itu.Dan kami (Dewan) siap mendukung langkah penanganan Covid-19,” ujar politisi Golkar itu kepada Banggai Raya, Senin (30/3/2020).

Terkait penganggaran atau pembiayaan terhadap gugus tugas yang salah satunya yakni pembatasan sosial menyebabkan dampak bagi kelompok masyarakat dengan penghasilan rendah.Maka daerah dapat memberikan bantuan sosial, dengan sejumlah langkah yang segera dilakukan. Langkah itu sudah dijabarkan dalam SE Mendagri nomor 440 itu.Berupa melakukan refocussing kegiatan untuk menjamin kemudahan pelaksanaan upaya pencegahan, pengendalian, dan penanggulangan wabah COVID-19.

“Sekali lagi banyak yang bisa dilakukan. Misalnya segera lakukan relokasi anggaran yang nantinya bisa dipergunakan dalam penanganan virus corona. Sumber dananya bisa PAD, DBH dansumber dana lainnya. Intinya, kita harus melakukan berbagai persiapan untuk mencegahan Covid-19 ini sebelum terlambat,” ujarnya. URY