Sebulan 600 Unit Kendaraan Baru, Tak Berbanding dengan Penambahan Jalan di Banggai

BANGGAI RAYA-Jumlah penambahan panjang maupun lebar jalan di Kabupaten Banggai tak sebanding dengan volume peningkatan jumlah kendaraan baru.

Berdasarkan catatan Satuan Lalulintas Polres Banggai sebagaimana disampaikan Kasat Lantas AKP I Made Bagus Aditya di hadapan wartawan di Luwuk, Jumat (26/1/2024), jumlah kendaraan di Kabupaten Banggai terus mengalami peningkatan pesat. “Untuk kendaraan roda empat sekira 100 unit sebulan, sementara kendaraan roda dua sekira 500 unit sebulan. Itu kendaraan baru yang keluar dari dealer di Luwuk Banggai, sementara penambahan kendaraan baru tapi dari dealer luar daerah dan beroperasi di Banggai, kami tidak tahu jumlahnya,” ujarnya.

BACA JUGA:  Wisatawan Asal Jakarta Tujuan Danau Ubur-Ubur Bokan Kepulauan Karam di Perairan Matanga
BACA JUGA:  Naik Turunnya Keuangan Syariah: Refleksi Ketidaksempurnaan

Dengan peningkatan sekira 600 unit kendaraan baru tersebut, belum sebanding dengan peningkatan volume jalan. Karenanya, jalanan di Luwuk kerap macet dan padat kendaraan.

Ia berharap juga, warga tak memarkir kendaraan mereka di badan atau bahu jalan, sebab bisa mengganggu arus lalulintas. “Begitu juga warga yang mau beli kendaraan roda empat, harusnya sudah siap dengan garasi, agar tidak menjadikan jalan sebagai tempat parkir,” tegasnya.

BACA JUGA:  Rayakan Iduladha 1445 Hijriah, DSLNG Berbagi Kurban 17 Ekor Sapi

Terkait kondisi jalan yang tidak sebanding dengan peningkatan jumlah kendaraan, ia berharap ada langkah bersama dari pemerintah dan kepolisian serta instansi terkait lain, untuk membicarakan masalah ini, sehingga muncul solusi bersama. DAR